Kompas TV regional peristiwa

Bongkar Pagar Tembok Ndalem Singopuran, Pemilik Lahan: Sering Roboh

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 06:08 WIB
bongkar-pagar-tembok-ndalem-singopuran-pemilik-lahan-sering-roboh
Faktor keselamatan menjadi alasan pemiilik lahan membongkar pagar tembok Ndalem Singopuran di Desa Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah. (Sumber: Kompas.com/Labib Zamani)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

SUKOHARJO, KOMPAS.TV – Faktor keselamatan menjadi alasan pemiilik lahan membongkar pagar tembok Ndalem Singopuran di Desa Singopuran, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Menurut Bagas, anak dari pemilik lahan, tembok tersebut sering roboh.

Oleh karena itu, pihaknya kemudian dengan sengaja merobohkan dan rencananya akan membangun ulang dengan konstruksi bangunan yang lebih kuat.

"Beberapa kali temboknya itu roboh. Nanti kalau misalnya, ya Alhamdulillah saja tidak ada korban,” kata anak pemilik lahan, Bagas, kepada wartawan, Jumat (8/7/2022).

“Kalau misalnya ada korban, entah kena orang lewat, entah kena yang jelas nanti kalau mencelakai. Maksudnya, nanti mau tak rapikan tak bangun ulang gitu. Saya perkuat. Lha kok jadi ramai."

Bagas menyebut, kondisi pagar tembok Ndalem Singopuran yang terbuat dari tatanan batu bata itu kondisinya sudah melembung karena ditumbuhi tanaman.


Baca Juga: Pemilik Tanah Blokade Akses Perumahan Dengan Bangun Tembok

"Karena di dalamnya (pagar tembok) ada pohon-pohonnya. Tengah-tengahnya kan tumbuh pohon nantinya mendorong pagarnya kalau roboh tidak kena orang tidak masalah.”

“Kalau kena orang lewat, yang dicari pemiliknya," kata dia.

Ia juga mengaku tidak mengetahui bahwa bangunan itu dilindungi.

Menurutnya, tidak ada surat dari mana pun yang menyatakan bangunan tersebut cagar budaya.

"Saya tidak tahu soalnya tidak ada surat dari mana pun," kata dia.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x