Kompas TV regional berita daerah

Ular Sanca Panjang 4 Meter Seberat 20 Kg di Gunungkidul Dievakuasi Damkar

Kompas.tv - 8 Juli 2022, 12:06 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Ular sanca seberat 20 kilogram dengan panjang kurang lebih empat meter, memasuki pekarangan milik warga di Padukuhan Trimulyo 1, Kepek, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Warga yang khawatir, lantas meminta pertolongan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Gunungkidul, untuk mengevakuasi ular tersebut.

Tidak terjadi kendala selama proses evakuasi berlangsung, karena ular sempat terjebak diantara bebatuan, sehingga memudahkan petugas untuk menangkap ular tersebut. Proses evakuasi ular dilakukan dengan peralatan seadanya. Sebelum ditangkap, ular tersebut sempat terluka akibat terkena gergaji warga saat hendak menebang pohon di belakang rumahnya.

"Kami setelah mendapat telepon dari warga bahwasanya ada ular di sebelah barat terminal lama, di pinggir kali (sungai) di belakang rumah warga, kami langsung menuju ke TKP," ujar Ugiyanto, Danlap Damkar Gunungkidul.

Ular tersebut diketahui bersembunyi diantara bebatuan, lantaran pekarangan warga dipenuhi semak-semak yang juga berdekatan dengan sungai. Diduga ular tersebut hendak mencari makan, pasalnya beberapa hari sebelumnya, warga pernah kehilangan ayam mereka. Rencananya, ular yang ditangkap ini selanjutnya akan dilepaskan ke habitat asalnya di hutan yang jauh dari pemukiman warga.

#ularsanca #damkar #gunungkidul

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x