Kompas TV regional peristiwa

Porter di Bandara Balikpapan Jebol Koper Dewi Perssik, Pelaku: Saya Bukan Satu-satunya ...

Kompas.tv - 7 Juli 2022, 16:44 WIB
porter-di-bandara-balikpapan-jebol-koper-dewi-perssik-pelaku-saya-bukan-satu-satunya
Ilustrasi bandara (Sumber: Instagram)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Kasus pembobolan koper milik Dewi Perssik di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan pada 18 Juni 2022 silam, akhirnya terungkap.

Satreskrim Polresta Balikpapan bersama Jatanras Polda Kaltim membekuk RS (25), seorang pria yang mengambil perhiasan bernilai ratusan juta rupiah dalam koper Dewi Perssik.

Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Kompol Rengga Puspo Saputro mengungkapkan RS yang merupakan porter di bandara tersebut membobol koper dengan memasukkan kode acak.

"Modusnya, pada saat korban menaiki salah satu maskapai ini, kemudian memasukkan koper ini di bagasi, porter ini membuka kunci dari koper itu secara acak dan menggeledah barang yang ada di dalam lalu diamankan barang perhiasan emas ini," ungkap Rengga, dikutip dari Kompas.com, Kamis (7/7/2022).

RS yang bertugas mengantarkan koper penumpang ke pesawat, membuka koper korban dengan memasukan kode angka secara acak. Kemudian ia menggeledah koper tersebut dan menggasak perhiasan Dewi Perssik di dalam kotak merah muda.

Baca Juga: Blue Bird Akhirnya Minta Maaf Terkait Viralnya Penumpang Dibawa Putar-putar Bandara

Saat memberikan pengakuannya, RS mengatakan dirinya hanyalah satu dari sekian petugas yang melakukan tindakan serupa. Ia belajar dari para seniornya di tempat kerja yakni porter di salah satu maskapai di bandara.

"Sudah sering Pak, belajarnya sama senior," jelas RS di Mapolresta Balikpapan.

RS juga mengaku telah beberapa kali melakukan penggasakan barang di dalam koper. Ia mencuri sejumlah barang.

"Saya sudah beberapa kali ngambil. Cuma saya aja yang kebetulan ketahuan. Sementara ini di dalam itu masih banyak yang melakukan," ungkapnya.

Hasil pencuriannya jelas RS dibagikan rata kepada kawan-kawannya. Tindak kejahatan ini diduga sudah diketahui secara jelas oleh anggota lain.

"Rencananya dibagi rata," tuturnya.

Baca Juga: Calon Penumpang Pesawat di Bandara Hang Nadim Batam Ketahuan Bawa Sabu di dalam Perut

Sebelumnya diberitakan Dewi Perssik pergi ke Balikpapan, Sabtu (18/6/2022) silam untuk manggung di salah satu acara partai politik.

Usai konser ia pulang ke Jakarta menggunakan Batik Air. Sementara timnya menggunakan Lion Air dari Bandara SAMS menuju Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta.

Sesampainya di Jakarta, Dewi Perssik dan asistennya, Riski Sobari, tak sadar kopernya dibobol pelaku. Baru ketika mereka tiba di kediamannya di Lebak Bulus, asistennya terkejut perhiasan Dewi Perssik hilang.

Perhiasan yang hilang adalah dua kalung berantai emas dan emas batangan dengan ukiran nama “Dewi Perssik” yang disimpan di dalam kotak.

“Yang melapor itu asisten Dewi Perssik di Bandara Soekarno Hatta pada tanggal 2 Juli lalu. Kemudian, Satreskrim Polresta Bandara Soekarno Hatta melakukan pengembangan di Balikpapan dan kami di-backup Jatanras Polda Kaltim,” tutur Rengga.

Baca Juga: Saipul Jamil Jawab Isu Rujuk dengan Dewi Perssik, Bermula dari Video Mesra



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x