Kompas TV regional update

7 Jurusan di Universitas Andalas Raih Akreditasi Internasional FIBAA

Kompas.tv - 3 Juli 2022, 17:55 WIB
7-jurusan-di-universitas-andalas-raih-akreditasi-internasional-fibaa
Gedung Rektorat Universitas Andalas. (Sumber: Unand.ac.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

PADANG, KOMPAS.TV - Tujuh program studi (prodi) atau jurusan di Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat berhasil mendapatkan akreditasi internasional dari lembaga Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) yang berkedudukan di Jerman.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Unand Henny Lucida menjelaskan, tujuh prodi tersebut terdiri dari S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Ilmu Ekonomi, serta S2 Manajemen dan S2 Akuntansi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Kemudian dua Prodi S1 dari Fakultas Ilmu Budaya yaitu Sastra Indonesia, dan Sastra Jepang.

"Ketujuh Prodi tersebut terakreditasi oleh FIBAA terhitung dari 29 Juni 2022 sampai 28 Juni 2027," kata Lucida dilansir dari Antara, Minggu (3/7/2022).


Baca Juga: Simak Rincian Biaya Kuliah di Universitas Terbuka dan Jadwal Pendaftarannya

Ia menjelaskan, butuh proses panjang sebelum tujuh prodi tersebut mendapatkan akreditasi yang memiliki syarat 54 butir mutu itu.

"Setelah melalui proses yang panjang sejak Desember 2020, tujuh Program Studi di Unand akhirnya berhasil meraih akreditasi internasional dari FIBAA," jelasnya.

Sebanyak 54 butir mutu tersebut terbagi dalam kriteria tujuan pendidikan, penerimaan mahasiswa baru, kurikulum dan proses pembelajaran, lingkungan akademik termasuk sumber daya manusia, keuangan dan sarana prasarana, serta penjaminan mutu dan dokumentasi.

FIBAA merupakan salah satu lembaga akreditasi internasional di bawah European Quality Assurance Register (EQAR) untuk pendidikan tinggi yang diakui Dikti berdasarkan Kepmendikbud No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.

Baca Juga: UPNVJ Gelar Dua Uji Keterampilan Jalur Prestasi, Ada Jalur Youtuber Minimal 10 Ribu Subscriber

Rektor Unand Profesor Yuliandri menyampaikan, dengan lolosnya tujuh Prodi terakreditasi FIBAA, maka Unand sudah memiliki 12 Prodi terakreditasi internasional, termasuk tiga Prodi oleh ABET dan dua Prodi oleh IABEE pada Fakultas Teknik.

"Dalam tahun ini, Prodi S1 Kimia Fakultas MIPA juga akan diivisitasi dalam rangka akreditasi internasional oleh The Royal Society of Chemistry," katanya.

Menurut dia, capaian akreditasi internasional ini menambah bukti kinerja Unand terutama Indikator Kinerja (IKU 8) yaitu jumlah prodi terakreditasi internasional.

Senada, Wakil Rektor I Unand Prof Mansyudin menyampaikan semua prodi yang telah terakreditasi internasional akan didorong untuk melakukan kerja sama internasional dalam rangka internasionalisasi pendidikan, melalui program joint degree, gelar ganda regular atau dual degree, maupun gelar ganda percepatan.

Baca Juga: Catat! Jadwal dan Biaya Jalur Mandiri di UNS, Undip, UNY dan Universitas Lainnya

 



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x