Kompas TV regional sosial

UPNVJ Gelar Dua Uji Keterampilan Jalur Prestasi, Ada Jalur Youtuber Minimal 10 Ribu Subscriber

Kompas.tv - 3 Juli 2022, 16:10 WIB
upnvj-gelar-dua-uji-keterampilan-jalur-prestasi-ada-jalur-youtuber-minimal-10-ribu-subscriber
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) menggelar dua uji keterampilan bagi calon mahasiswa Seleksi Mandiri 2022, yakni melalui jalur prestasi bidang YouTube Content Creator (Youtuber) dan hafiz (penghafal) Alquran. (Sumber: Tangkapan layar situs upnvj.ac.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) menggelar dua uji keterampilan bagi calon mahasiswa Seleksi Mandiri 2022, yakni melalui jalur prestasi bidang YouTube Content Creator (Youtuber) dan hafiz (penghafal) Alquran.

"UPNVJ merupakan kampus yang memberikan wadah dan apresiasi kepada seluruh calon mahasiswa baru yang memiliki prestasi di atas rata-rata, khususnya Hafidz Alquran dan YouTuber," ujar Wakil Rektor Bidang Akademik Anter Venus di Jakarta, Minggu (3/7/2022) dilansir dari Antara.

Jalur prestasi tersebut telah diikuti oleh 18 hafiz Alquran dan satu YouTuber di Kampus UPNVJ Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu (2/7/2022).

Bagi hafiz Alquran, kata Venus, akan dinilai langsung oleh ustaz atau dosen yang memang berkompeten di bidangnya.

UPNVJ juga sudah menyiapkan tim penilai yang juga ahli untuk menilai Youtuber yang mendaftar.

YouTube Content Creator yang dapat mengikuti Seleksi Mandiri jalur prestasi minimal memiliki 10.000 subscriber, sedangkan Hafiz Alquran harus hafal paling sedikit 20 juz.


Baca Juga: Biaya Kuliah Jalur Mandiri di Unpad, Undip, UB, UGM, dan UNS

Khusus untuk pendaftar Seleksi Mandiri jalur prestasi bidang hafiz Alquran dan Youtube Content Creator, diadakan uji keterampilan untuk mengetahui kemampuan calon mahasiswa.

Venus mengatakan, uji keterampilan terhadap Youtuber difokuskan pada cara pengambilan gambar, penyuntingan video, konten atau isi, dan orisinalitas video yang diunggah di akun YouTube.

Di sisi lain, hafiz Alquran akan diuji tentang hafalannya.

Venus menjelaskan, Seleksi Mandiri UPNVJ dibagi menjadi dua jalur. Pertama, jalur akademik, yakni menyeleksi berdasarkan nilai UTBK.

Kedua, jalur prestasi, yakni menggabungkan nilai UTBK dengan prestasi akademik maupun nonakademik.

Prestasi yang dapat digunakan meliputi prestasi bidang olimpiade sains, olahraga, dan seni peringkat pertama hingga ketiga baik di tingkat provinsi, nasional, dan internasional dalam tiga tahun terakhir.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.