Kompas TV regional berita daerah

Melukis Karikatur Di Atas Kertas Minyak Bekas

Kompas.tv - 30 Juni 2022, 11:30 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Kertas minyak biasanya hanya digunakan membungkus nasi dan menjadi sampah, namun di tangan Gusti Lanang Mantra, warga Desa Menanga, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, justru memiliki nilai jual yang cukup mahal.

Pasalnya kertas minyak dijadikan media untuk melukis, berbagai jenis karikatur. Butuh keterampilan dan konsentrasi saat melukis di kertas minyak.

Ketepatan kadar cat sangat menentukan kualitas lukisan. Selain itu, ketelitian juga sangat diperhatikan, agar lukisan menyerupai hasil aslinya.

Melukis di kertas minyak ini baru ia jalani sejak tiga minggu sebelumnya secara autodidak. Ide melukis di kertas minyak ini muncul dari banyaknya kertas minyak yang dibuang.

Melihat adanya potensi untuk menggantikan kanvas sebagai media untuk melukis, seniman berusia 57 tahun ini lantas menggunakan kertas minyak untuk melukis.

Lukisan karikatur di kertas minyak ini dibandrol mulai harga 100 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah sesuai kerumitan dan warnanya. Hasil lukisan ini sudah dijual ke seluruh Bali dan berbagai daerah di Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

#karikatur #lukisankertasminyak #karangasem

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x