Kompas TV regional berita daerah

Vaksin PMK Sapi Mulai Dilaksanakan

Kompas.tv - 27 Juni 2022, 17:33 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Vaksinasi pencegahan PMK terhadap hewan ternak terutama sapi, mulai di laksanakan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Sebanyak 2200 dosis vaksin dipersiapkan untuk sapi jenis perah dan potong.

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Madiun, Jawa Timur, mulai melakukan vaksinasi pencegah penyakit mulut dan kuku di sejumlah peternakan. Vaksinasi ditujukan bagi hewan sapi jenis perah dan juga sapi jenis potong.

Pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi Senin (27/6/2022), petugas menyuntikan sebanyak 600 dosis vaksin PMK terhadap ratusan sapi di wilayah Kecamatan Wungu, Kecamatan Kebonsari dan Saradan, dengan jumlah tim sebanyak 6 orang vaksinator.

Untuk program vaksinasi PMK, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan setempat telah mendapatkan sebanyak 2200 dosis vaksin, dari Dinas Peternakan Provinsi Jatim. Sasaranya adalah sebanyak 47 ribu ekor sapi, dari 66 ribu ekor populasi se Kabupaten Madiun.

Vaksinasi ini diprioritaskan terhadap sapi jenis perah terlebih dahulu, karena tingkat kerugian sapi perah lebih tinggi jika terjangkit PMK. Sementara, jika dosis vaksin yang ada saat ini tidak mencukupi, maka dinas akan menunggu distribusi vaksin lanjutan.

#beritamadiun
#penyakitsapi
#vaksinsapi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x