Kompas TV regional berita daerah

Tanaman Padi Terserang Hama

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 19:19 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MADIUN, KOMPAS.TV - Belasan hektar tanaman padi di Kabupaten Madiun terancam gagal panen, akibat serangan hama jamur dan wereng. Sejumlah petani memilih membabat tanaman padi dan akan diganti tanaman palawija.

Beginilah kondisi tanaman padi milik petani di Desa Sumberrejo, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Di desa ini ada 15 hektar lebih tanaman padi yang terancam gagal panen akibat serangan sejumlah hama.

Hama yang menyerang diantaranya yaitu jamur, dan wereng. Hama menyerang sejak umur 25 hari usai masa tanam. Akibatnya padi menjadi berubah warna menjadi coklat dan kering serta membusuk pada bagian akar, dan akhirnya mati.

Selain hama jamur dan tikus, hama wereng juga menjadi penyumbang kerusakan pada tanaman padi petani di desa ini.

Sudarko salah seorang petani mengatakan, berbagai upaya berupa pengobatan dan penyemprotan telah dilakukan. Akan tetapi tetap tidak membuahkan hasil. Kini terpaksa dirinya membabat tanaman padi untuk diganti dengan tanaman palawija.

Biasanya, dalam kondisi normal satu kotak dapat menghasilkan hingga satu ton lebih gabah. Kini petani harus gigit jari, karena dipastikan jika kondisi ini terus berlangsung akan gagal panen.

Dinas Pertanian setempat sebenarnya sudah memberikan bantuan berupa obat obatan pertanian. Akan tetapi upaya tersebut ternyata tak membuahkan hasil.

#beritamadiun
#hamajamur
#hamapadi


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x