Kompas TV regional berita daerah

Jaga Ekosistem Bawah Laut Deklarasi Y20 Turut Tanam Terumbu Karang

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 19:17 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

MANOKWARI, KOMPAS.TV - Sebanyak 240 bibit terumbu karang ditanam oleh delegasi 17 Negara dan pemerintah serta tim  penyelam ketapang dive pada pulau Teluk Doreri, Papua Barat.

Bibit karang yang ditanam ini jenis acropora cervicornis  di kedalaman 3 hingga 15 meter. Penanaman dimulai dengan mengikatkan terumbu karang pada rangkaian besi yang sudah dipasang dibawah laut.

Penanaman terumbu karang merupakan rangkaian kegiatan deklarasi Youth 20 di Manokwari. Dengan tujuan dapat memperbaiki ekosistem bawah laut.

Lokasi penanaman terumbu karang di Teluk Doreri perairan Manokwari dikarenakan alam bawah laut di sekitar Teluk Doreri berisikan bangkai kapal, yang merupakan salah satu situs terbaik untuk jenis bangkai kapal di Indonesia. Pada Teluk Doreri terdapat 3 pulau kecil yaitu pulau Mansinam, pulau Lemon, dan pulau Raimuti di dekat pantai Arfai, yang masih memiliki koleksi terumbu karang unik dan indah.

Diharapkan masyarakat dapat menjaga alam bawa laut yang telah ditanami terumbu karang, karena jika tidak dijaga dan dirawat, maka keindahan bawah laut ini akan hilang.

#ManokwariPapuaBarat #Y20 #PenanamanTerumbuKarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x