Kompas TV regional berita daerah

Produksi Susu Sapi Turun Akibat PMK

Kompas.tv - 20 Juni 2022, 19:15 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

MALANG,KOMPAS.TV - Penyakit mulut dan kuku (PMK)  yang menyerang hewan ternak seperti sapi juga membawa dampak bagi produksi susu sapi di Pujon, Kabupaten Malang. Sejak pmk menyerang. Produksi susu sapi di koperasi sae pujon turun hingga 40 persen.

Turunnya hasil produksi susu sapi ini disampaikan oleh Sekretaris Koperasi SAE Pujon Nur Kayin, Sabtu (18/6/2022) siang. Sejak PMK menyerang pada Mei lalu produksi susu sapi yang dikelola oleh koperasi turun hingga 40 persen. Penurunan produksi susu sapi ini terjadi berangsur angsur, dari semula 120 ton susu perhari kini turun menjadi 70 ton susu sapi perhari.

Nur Kayin juga menambahkan, akibat penurunan jumlah produksi tersebut pihak koperasi harus menanggung kerugian hingga 3 miliar rupiah. Selain itu, pihak koperasi juga harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengobatan sapi yang terinfeksi pmk. Selain terus melakukan pengobatan pada sapi yang sakit pihaknya juga melakukan perbaikan pakan dan nutrisi pada sapi agar kesehatan sapi tetap terjaga.

Melihat besarnya kerugian, koperasi SAE Pujon yang memproduksi susu sapi ini juga menyambut baik upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan pmk dengan mulai digelarnya vaksinasi pada sapi.

#beritamalang
#sapiperah
#sususapisegar
#penyakitsapi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x