Kompas TV regional berita daerah

Kasus Chikungunya Tinggi, Warga Diimbau Jaga Kebersihan

Kompas.tv - 17 Juni 2022, 10:15 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

KARANGASEM, KOMPAS TV - Selain kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang meningkat, kasus chikungunya juga muncul di sejumlah wilayah di Kabupaten Karangasem.

Sejak bulan Mei lalu, tercatat sudah ada 88 warga terserang chikungunya, yang tersebar di satu banjar dinas dan dua lingkungan di Kabupaten Karangasem.

Sebagian warga sudah sembuh, namun sampai saat ini masih ada 6 orang di lingkungan Celuk Negara, Keluarahan Karangasem, yang mengeluhkan demam disertai nyeri diseluruh persendian, hingga mengalami lumpuh sementara.

Chikungunya di Karangasem muncul mulai pertengahan Mei lalu. Warga yang terserang mulai dari anak anak hingga orang dewasa usia 5 hingga diatas 19 tahun.

Meski kasus tinggi, Dinas Kesehatan belum menetapkan status Kejadian Luar Biasa atau KLB, karena masih menunggu penyelidikan epidemiologi.

Untuk mencegah meningkatnya kasus, Dinas Kesehatan Karangasem melakukan fogging di tempat-tempat ditemukannya kasus chikungunya. Bubuk abate juga ditaburn di genangan air, dan warga diimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan.

 

 

 

 

 

 

#chikungunya #dinaskesehatankarangasem #karangasem

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x