Kompas TV regional berita daerah

Alat Sterilisasi Telur Buatan Mahasiswa, Perpanjang Masa Simpan Telur

Kompas.tv - 16 Juni 2022, 20:37 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Modern sterilizationp plasma utility system (M-PUS) adalah alat sterilisasi telur yang diciptakan oleh sekelompok mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang. Alat ini memiliki dua bagian yakni seperangkat alat yang menghembuskan plasma ozon dan sebuah kotak penyimpanan telur.

Cara kerja alat ini juga terbilang mudah, telur yang akan disterilisasi dimasukkan ke dalam kotak. Setelah itu, alat diatur untuk menghembuskan plasma ozon selama 5 menit. Telur yang telah melalui proses sterilisasi akan bertahan lebih lama sekitar 21 hari. Padahal umumnya telur yang disimpan di dalam suhu ruangan hanya bertahan 7 hari. 

Selain itu, plasma ozon yang diberikan pada telur juga bisa mematikan bakteri jahat yang terkandung dalam telur.

"mensterilkan bakteri salmonella yang ada di dalam telur jadi selain mensterilkan kita juga memperpanjang umur simpan telur,"ucap Jabar.

Proses penyempurnaan juga terus dilakukan oleh sekelompok mahasiswa ini seperti meningkatkan kapasitas penyimpanan telur untuk peterankan besar hingga pengajuan sni dan ijin edar agar alat ini bisa diproduksi massal.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x