Kompas TV regional peristiwa

Heboh Pria di Probolinggo Mengaku Nabi, Polisi Lakukan Tes Kejiwaan, Hasilnya ...

Kompas.tv - 12 Juni 2022, 21:03 WIB
heboh-pria-di-probolinggo-mengaku-nabi-polisi-lakukan-tes-kejiwaan-hasilnya
ilustrasi Facebook. (Sumber: Bloomberg)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Seorang warga asal Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Nanang (34), mengaku sebagai nabi dan mengajak berjihad melalui media sosial Facebook. 

Nanang menggunakan nama akun "Nabi Nanang" dalam Facebook-nya ketika mengumumkan dirinya sebagai seorang nabi. Kepolisian kemudian melakukan pendalaman terkait kejiwaan pria warga Dusun Kramat, Wangkal itu.

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengungkapkan telah memerintahkan Kapolsek Gading dan Kasat Intelkam untuk berkoordinasi terkait akun Nabi Nanang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun pihak kepolisian, terungkap bahwa Nanang rupanya memiliki riwayat gangguan jiwa sejak 2014 silam.

"Dari hasil informasi yang kami dapat, saudara NN memiliki riwayat gangguan jiwa sejak tahun 2014 dan sudah pernah menjalani pengobatan di RSJ Dr Radjiman Wediodiningrat, Lawang, Malang," tutur Khadafi dikutip dari Kompas.com, Minggu (12/6/2022).

Baca Juga: Heboh Rendang dari Olahan Daging Babi, Polisi: Masih Diperiksa, Belum Ada Pelanggaran Hukum

Selain itu pihak kepolisian juga telah melakukan koordinasi kepada pihak keluarga agar kejadian serupa tak terulang lagi.

"Kami juga berkoordinasi dengan pihak keluarga agar saudara NN benar-benar menjalani pengobatan secara tuntas agar tidak menimbulkan kejadian serupa demi kondusifitas di lingkungan setempat," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan netizen sempat dihebohkan dengan unggahan dari akun yang menamai sebagai "Nabi Nanang". Mengaku sebagai nabi, unggahan akun tersebut mengajak berjihad dengan iming-iming surga.

Akun tersebut rupanya dioperasikan oleh seorang pria bernama Nanang (34) warga Dusun Kramat, Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Probolinggo.

Unggahan-unggahan Nanang berupa ajakan jihad, ketauhidan dan filsafat.

Baca Juga: Heboh Aksi Pegawai TransJakarta usai Selamatkan Bocah yang Nyaris Tenggelam

 



Sumber : Kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.