Kompas TV regional berita daerah

Aruna Indonesia Bantu Pengembangan Usaha Perikanan Nelayan Lokal Papua Barat

Kompas.tv - 8 Juni 2022, 10:04 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Sebanyak 14 ton produk perikanan dari nelayan Raja Ampat di export ke Amerika Utara dan Cina.  Saat ini pengiriman produk perikanan yang difasilitasi aruna indonesia sudah mencapai tiga hingga 4 kontainer perbulannya.

Produk perikanan ini berasal dari desa sejahtera astra Raja Ampat, dimana aruna indonesia hadir untuk membina nelayan setempat untuk menghasilkan produk perikanan sesuai dengan kebijakan kementerian, agar dapat dijual ke pasar global.

Produk perikanan yang di export ini diantaranya rajungan, kepiting, lobster, cumi dan ikan asap. Produk ini paling banyak dicari oleh masyarakat sehingga kualitasnya perlu dijaga dengan baik.

Setelah dilepas satu kontainer dari mako Lantamal XIV Sorong, produk ini diharapkan dapat memotivasi nelayan lokal lainnya, agar dapat memperoleh hasil tangkapan yang lebih baik dan banyak, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Sementara itu, nelayan lokal Raja Ampat mengatakan sejauh ini kendala yang dihadapi adalah tempat penyimpanan produk perikanan, sehingga mereka tidak dapat menghasilkan banyak tangkapan, namun untuk kedepannya dengan fasilitas yang disediakan maka para nelayan akan tetap berupaya untuk menghasilkan sejumlah produk perikanan dalam jumlah yang banyak.

Melihat hasil perikanan yang dihasilkan nelayan setempat, kedepannya akan dibuka  sejumlah desa di beberapa wilayah di Papua Barat, untuk pengembangan produk perikanan.

#SorongPapuaBarat #ExportIkan #NelayanLokal



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x