Kompas TV regional peristiwa

Keberangkatan 13 Calon Haji Embarkasi Solo Sempat Ditunda karena Positif Corona

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 16:31 WIB
keberangkatan-13-calon-haji-embarkasi-solo-sempat-ditunda-karena-positif-corona
Jamaah haji Indonesia saat berangkat dari bandara Juanda, Surabaya, Sabtu, (4/6/2022). Arab Saudi hari Sabtu (4/6/2022) sambut rombongan haji dari Indonesia, rombongan haji pertama yang tiba untuk menunaikan ibadah haji semenjak pandemi Covid-19 (Sumber: Straits Times)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Sebanyak 13 calon haji di Embarkasi Solo, Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, sempat ditunda keberangkatannya ke Arab Saudi lantaran terdeteksi positif Covid-19.

Belasan calon haji itu dinyatakan positif setelah tes swab polymerase chain reaction (PCR) yang dilakukan petugas kesehatan haji Kabupaten Grobogan, sebelum berangkat ke embarkasi Solo.

Menurut Koordinator Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Sarif Sahrul Samsudin, kini belasan calon haji tersebut telah berada di Embarkasi Solo.

Jemaah haji yang merupakan bagian dari kelompok terbang (kloter) 3 dan 4 direncanakan akan diberangkatkan ke Arab Saudi bersamaan dengan jemaah haji kloter 6. Tepatnya pukul 02.35 WIB pada Selasa (7/6/2022).

"Lihat open seat kloter selanjutnya. Insya Allah jam 2 (dini hari) nanti, masuk kloter 6," kata Sarif saat dihubungi KOMPAS.TV, Senin (6/6/2022).

Lebih lanjut, terang Sarip, jika hasil PCR 13 calon jemaah haji ada yang masih positif, mereka akan dikembalikan ke daerah asal menunggu sampai hasilnya negatif.

Hal tersebut karena jemaah calon haji yang masuk ke Embarkasi Solo harus negatif Covid-19

"Misal masih ada yang positif (Covid-19) kita kembalikan ke daerah. Di Embarkasi semua negatif," kata Sarif.

Sebelumnya, sebanyak lima calon haji asal Jawa Tengah Embarkasi Solo ditunda keberangkatannya karena sakit.

Koordinator Humas PPIH Embarkasi Solo Sarif Sahrul Samsyudin mengatakan, lima calon haji tersebut baru akan diberangkatkan jika sudah dinyatakan layak terbang. Adapun teknisnya akan digabung dengan kloter berikutnya.

"Ditunda keberangkatannya. Kalau sudah dinyatakan sehat dan layak terbang akan digabung kloter berikutnya," kata Sarif saat dikonfirmasi KOMPAS.TV, Minggu (5/6/2022).

Sarif juga menerangkan, jemaah calon haji tersebut ditunda keberangkatannya lantaran dinyatakan belum layak terbang karena sakit anemia dan konjungtivitis atau radang mata.

Kelima calon haji tersebut berasal dari dua kloter berbeda, yakni kloter 3 dan kloter 4.

Calon haji dari kloter 3 adalah Siti Qosidah Zuhdi (40) asal Kabupaten Jepara. Sedangkan empat orang lainnya, dari kloter 4 yang berasal dari Kabupaten Grobogan.

Mereka adalah Bagus Panji Wijanarko (54), Kanti Rudati Hartono (63), Suwaji Harno Latif (58), dan Darti Asih Sudji (49). Adapun kini, seluruhnya sedang menjalani perawatan di RS TNI AU.

Untuk diketahui, jemaah calon haji kloter 4 baru akan diberangkatkan menuju Madinah pada pukul 19.45 dari Bandara Adi Soemarmo dan tiba di Madinah pukul 4.20 pada Senin (6/6/2022).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x