Kompas TV regional berita daerah

Lima Sapi Di Riau Terkonfirmasi Terkena Virus PMK

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 14:23 WIB
Penulis : KompasTV Riau

Dinas Peternakan Dan Kesehatan Provinsi Riau Menemukan Kasus Virus Penyakit Mulut Dan Kuku Pada Lima Ekor Sapi Di Rokan Hulu Riau. Dari Temuan Itu Lima Ekor Sapi Diisolasi Oleh Petugas.

Kasus Lima Ekor Sapi Yang Terkonfirmasi  Terkena Virus Penyakit Mulut Dan Kuku Itu Pertama Kali Ditemukan Oleh Petugas Setelah Adanya Gejala-Gejala Yang Ditemukan Pada Sapi.

 Dari Gejala Itu Petugas Dari Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Riau Melakukan Pengambilan Stempel Pada Tanggal 20 Mei Lalu. Hasilnya Ada Lima Ekor Sapi Terkonfirmasi Terkena Virus Penyakit Mulut Dan Kuku Dengan Ciri-Ciri Demam Luka Pada Mulut Dan Kaki Serta Keluarnya Air Liur Yang Berlebihan.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Dokter Fara Linda Sari/ Sapi Yang Terkonfirmasi PMK Merupakan Sapi Berasal Dari Sumatera Utara Pada Bulan Ramadhan Tahun 2022. Sapi Kemudian Mulai Bergejala Pada Lebaran Idul Fitri.  Setelah Terkonfirmasi Terkena Virus PMK Sapi Kemudian Dilakukan Pengobatan Dan Sapi Dilakukan Diisolasi. Meski Virus Pmk Tidak Membahayakan Pada Manusia Fara Linda Sari Menyebut Virus Tersebut Bisa Menular Pada Hewan Lainya



Sumber : KOMPAS TV RIAU

BERITA LAINNYA



Close Ads x