Kompas TV regional peristiwa

Pendaki yang Hilang di Kawah Ijen Ditemukan Selamat di Jurang Sedalam 25 Meter

Kompas.tv - 8 Mei 2022, 21:30 WIB
pendaki-yang-hilang-di-kawah-ijen-ditemukan-selamat-di-jurang-sedalam-25-meter
Proses evakuasi pendaki yang sempat hilang di kawasan Kawah Ijen sejak Sabtu (7/5/2022). Tim gabungan berhasil menemukan Gavila (18) dalam keadaan selamat di jurang sedalam 25 meter. (Sumber: Kompas.com/Polres Bondowoso)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BONDOWOSO, KOMPAS.TV - Seorang pendaki bernama Gavila (18) yang sempat dilaporkan hilang sejak Sabtu (7/5/2022) di Kawah Ijen, Bondowoso, Jawa Timur berhasil ditemukan, Minggu (8/5/2022).

Gavila ditemukan dalam keadaan selamat di jurang dengan kedalaman sekitar 25 meter oleh tim gabungan.

Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko menyatakan proses evakuasi Gavila menggunakan troli penambang belerang untuk mengangkatnya dari jurang dalam tersebut.

"Setelah ditemukan titiknya, tim gabungan turun untuk melakukan evakuasi korban menggunakan troli penambang belerang," tuturnya dikutip dari Kompas.com, Minggu.

Ketika ditemukan oleh tim gabungan, Gavila dalam keadaan lemas. Meski demikian Wimboko mengungkapkan tak ada patah tulang atau luka berat yang dialami Gavila.

"Kondisi korban pada saat ditemukan memang dalam kondisi lemas, tapi tidak ada patah ataupun luka-luka berat. Karena memang sudah tidak makan sejak hilang kemarin, jadi kondisinya lemas," lanjutnya.

Baca Juga: Wisata Blue Fire Kawah Ijen Kembali Dibuka

Wimboko mengatakan Gavila terperosok ke jurang diduga belum mengenal jalur yang akan dilaluinya. Gavila kemudian dibawa ke Puskesmas Sempol untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

"Pada saat itu (ditemukan pertama kali) survivor dalam kondisi duduk menggunakan sarung dan memang dalam kondisi demikian," urainya.

Diberitakan pencarian ini dilakukan bersama tim gabungan di antaranya Basarnas, BPBD Bondowoso, TNI-Polri, Sar TWA Gunung Ijen, serta masyarakat sekitar sejak 07.00 WIB.

"Tadi pencarian dibagi menjadi empat tim. Jumlah per timnya beragam, dari lima orang sampai ada yang 12 orang," lanjut Wimboko.

Ia mengimbau kepada seluruh wisatawan untuk berhati-hati ketika mendaki ke Kawah Ijen dan mengikuti aturan dari pemandu.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x