Kompas TV regional peristiwa

Catat! Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Mulai Hari Ini

Kompas.tv - 3 Mei 2022, 07:26 WIB
catat-ganjil-genap-di-jalur-puncak-bogor-berlaku-mulai-hari-ini
Ilustrasi.  Satlantas Polres Bogor bakal menerapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap di jalur menuju kawasan Puncak, mulai hari ini, Selasa (3/5/2022).  (Sumber: SUBANDI / KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Satlantas Polres Bogor bakal menerapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap di jalur menuju kawasan Puncak, mulai hari ini, Selasa (3/5/2022). 

Dalam penerapannya, titik pemeriksaan kendaraan yang terjaring sistem ganjil genap akan dimulai dari Simpang Gadog, Ciawi, Bogor.

Kendati demikian, KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana mengatakan, pemberlakuannya situasional atau tergantung pada kondisi di lapangan.

"Kita lihat peningkatan arus kendaraan ya, besok (Selasa, 3 Mei 2022) kita berlakukan lagi ganjil genap untuk kendaraan menuju kawasan Puncak, diberlakukan mulai pagi hari,” kata Ketut, Senin (2/5/2022).

Dia mengatakan, kendaraan yang pelatnya tidak sesuai tanggal ganjil atau genap akan diputar balik ke daerah asal.

“Kita tetap putar balik kalau tidak sesuai dengan aturan ganjil genap. Kecuali kendaraan-kendaraan yang sudah dikecualikan ya,” ujarnya.

Menurut penjelasannya, rekayasa lalu lintas ini diterapkan untuk mencegah kemacetandi kawasan Puncak.

Baca Juga: Cuaca Gadog Puncak Bogor Selasa 3 Mei, BMKG: Hujan Sedang Siang-Sore

Seperti diketahui, kawasan Puncak Bogor masih akan menjadi tempat tujuan wisata untuk liburan dan berpotensi terjadi kemacetan meski jutaan orang di Jabodetabek sudah mudik Lebaran mulai H-10.

Kepolisian memprediksi puncak kepadatan lalu lintas di jalur Puncak Bogor terjadi pada satu hari setelah Lebaran tahun ini, atau tepatnya pada Senin ini.

Selain ganjil genap, rekayasa lalu lintas satu arah (one way) juga akan diberlakukan. Adapun penerapannya akan dilakukan secara bergantian seperti biasanya.

Sebelumnya, Polres Bogor tidak memberlakukan one way ataupun ganjil genap di jalur Puncak pada hari pertama Lebaran ini.

Polisi mengatakan ganjil genap tidak diterapkan demi mempermudah masyarakat beraktivitas pada hari pertama Lebaran.

“Saat ini arusnya memang ada peningkatan dan terus kita juga tidak melakukan rekayasa lalu lintas. Karena banyak masyarakat Puncak ini kan pada silaturahmi, jadi kita hari ini prioritaskan dulu masyarakat lokal yang melaksanakan silaturahmi ke keluarganya masing-masing di kawasan Puncak,” jelas Ketut.

Baca Juga: Hari Ini Jalur Puncak Bogor Diprediksi Padat, Rekayasa Lalu Lintas Akan Diberlakukan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x