Kompas TV regional berita daerah

Sate Loso Khas Pemalang Diburu Pecinta Kuliner

Kompas.tv - 29 April 2022, 23:16 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Sate loso merupakan kuliner khas Pemalang yang berbahan dasar daging kerbau atau sapi. Sate loso diambil dari nama pelopor sate ini yaitu pak loso, yang berjualan sate khas nan enak ini secara turun temurun.

 

Resep sate loso, menyebar kemudian membuat banyak warga di Pemalang berjualan sate ini. Salah satu yang legendaris adalah sate loso Pak No di jalan A Yani, Pemalang ini.

 

Sate loso berbahan daging khusus, diambil bagian dalam sapi atau kerbau, agar lebih enak, empuk dan bebas kolesterol. Sebelum dibakar, daging diberi bumbu khusus agar meresap, kemudian diteruskan ke bambu. 

 

Daging kemudian dibakar dengan arang, setelah setengah matang, diberi bumbu dan dibakar hingga matang. Setelah dibakar, disajikan dengan bumbu kacang berwarna merah yang lembut dan bercita rasa khas, manis gurih juga pedas. Sate loso juga dihidangkan bersama dengan sup yang berisi urat, tulang muda dan tauge.

 

Pedagang sate loso disini sudah generasi keempat. Sate ini banyak didatangi para pecinta kuliner dari berbagai daerah seperti jakarta, bandung, semarang, surabaya juga luar jawa yang kebetulan melintas.

 

Satu porsi sate loso Rp 30 ribu, sudah lengkap dengan nasi dan minuman teh panas atau es teh. Omset sate berkurang hampir 50 persen, karena pembeli hanya dari Pemalang dan sekitarnya.

 

Sejumlah pengunjung mengaku sangat menikmati dan senang dengan sate loso ini. Rasanya yang gurih, manis, dagingnya empuk dan cocok dinikmati kapan saja. Jika anda penasaran, silahkan mencoba sate loso Pak No ini. Lokasinya di tengah kota sehingga sangat mudah dijangkau.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x