Kompas TV regional berita daerah

Antisipasi Lonjakan Pemudik, Operasional Kapal Ditambah di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin

Kompas.tv - 29 April 2022, 08:47 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Arus mudik laut lintas Banjarmasin Surabaya di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin mengalami peningkatan sejak senin 25 april 2022.

Berdasarkan data di posko terpadu Pelabuhan Trisakti, data harian pada senin 25 april penumpang betangkat dari pelabuhan trisakti mencapai 1222 orang meningkat dari hari sebelumnya 574 orang.

Baca Juga: Bandara Syamsudinnoor Banjarbaru Kian Dipadati Pemudik, Peningkatan Jumlah Penumpang Capai 120%

Mengantisipasi lonjakan penumpang, Dharma Lautan Utama selaku pihak operator kapal menambah frekuensi operasional kapal untuk memastikan hingga 29 april, kapal akan tetap ada dan beroperasi melayani penumpang.

Sebab hingga 28 april kapasitas kapal sudah terpenuhi.

Sebelumnya untuk memecah kepadatan penumpang, pihak operator kapal di awal ramadan telah memberi diskon 30 persen dari harga normal 470 ribu rupiah yang berlaku saat ini.

"Kita siapkan kapal setiap hari, antusias masyarakat cukup bagus sehingga kapasitas bisa terpenuhi, untuk tanggal 29 masih tempat jika dibutuhkan," terang Direktur Utama PT. Dharma Lautan Utama, Erwin H. Poedjono.

Pelonggaran mudik memang sangat ditunggu warga terlebih yang telah bertahun-tahun tidak mudik akibat pandemi, seperti diakui pemudik bernama Jeje.

"Sudah tiga tahun tidak pulang, ini senang sekali akhirnya sudah bisa mudik lagi," ucap Jeje.

Baca Juga: Tidak Hanya Jual Takjil, Pasar Wadai Ramadan Juga Ramai Dikunjungi Malam Hari untuk Berwisata

Meski terjadi kenaikan penumpang namun jumlahnya saat ini masih sekitar 20 persen lebih rendah dibandingkan normalnya arus mudik sebelum pandemi pada 2019 lalu.

Sementara tahun lalu, tidak ada pemudik lantaran berlakunya larangan mudik.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x