Kompas TV regional peristiwa

Sri Sultan HB X Komentari Rencana Jokowi Lebaran di Yogyakarta: Belum Dapat Kepastian

Kompas.tv - 28 April 2022, 12:51 WIB
sri-sultan-hb-x-komentari-rencana-jokowi-lebaran-di-yogyakarta-belum-dapat-kepastian
Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X mengaku belum mendapat kepastian terkait rencana Presiden Jokowi berlebaran di Yogyakarta. (Sumber: Tribun Jogja/Yuwantoro Winduajie )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X (HB X) mengaku belum mendapat kepastian terkait rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berlebaran di Yogyakarta.

"Belum ada kepastian (Jokowi berlebaran di Yogyakarta)," kata Sultan di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (28/4/2022).

Sultan juga menyebut belum dapat memastikan terkait ada atau tidaknya agenda pertemuan dengan Presiden Joko Widodo pada Lebaran 2022, pasalnya, sampai sekarang belum ada rapat koordinasi.

Mengingat, kata dia, saat menjelang kedatangan Presiden biasanya selalu didahului oleh rapat koordinasi pengamanan (rakorpam).

"Belum ada kepastian, nanti lewat rapat koordinasi dengan Korem dan sebagainya. Tapi belum ada perintah kita untuk menjalankan Rakorpam," jelas dia.

Diketahui, sebelumnya, Jokowi telah mengungkapkan bakal melakukan perjalanan dalam mudik Lebaran 2022 mendatang ke DI Yogyakarta. Ia juga akan melakukan salat Idulfitri di Kota Gudeg tersebut.

Baca Juga: Presiden Joko Widodo akan Lebaran di Yogyakarta, Tak Gelar Halalbihalal

Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau Sirkuit Formula E, di Jakarta, Senin (25/4).

"Saya mudik itu di Solo, tapi saya enggak ke Solo. Saya ke Yogya. Insyaallah, iya (Salat Idul Fitri)," kata Jokowi.

Meski pemerintah telah memperbolehkan mudik setelah menilik situasi Covid-19 yang membaik, Jokowi memastikan tak akan menggelar kegiatan halalbihalal.

“Enggak (mengadakan halalbihalal)," ungkap Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Surakarta.

Dia kemudian mengimbau para pejabat agar tak menggelar acara yang bisa menimbulkan kerumunan, mengingat pandemi Covid-19 di tanah air belum usai. 

"Seperti yang sudah saya sampaikan, untuk yang halalbihalal, terutama untuk yang menyangkut orang banyak, pemerintah mengajak sebaiknya tidak, utamanya untuk para pejabat,” tuturnya.

Baca Juga: Jokowi Lebaran di Yogyakarta, Maruf Amin Mudik ke Banten, Mereka akan Salat Id di Mana?



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x