Kompas TV regional berita daerah

Hati-hati! Ada 253 Perlintasan Kereta Api Tanpa Palang Pintu dan Tidak Dijaga

Kompas.tv - 27 April 2022, 14:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemudik diimbau berhati-hati saat melewati perlintasan kereta api di daerah operasi 9 Jember Jawa Timur. Pasalnya, dari 346 perlintasan, ada 253 yang tidak dilengkapi palang pintu dan tidak dijaga petugas.

253 perlintasan kereta api tanpa palang pintu itu terbentang mulai dari stasiun Bangil Kabupaten Pasuruan hingga stasiun Ketapang Kabupaten Banyuwangi. Selain tanpa palang pintu, perlintasan kereta api juga tidak dijaga petugas dan sebagian besar sensor sirine otomatisnya rusak.

Baca Juga: Kuota Mudik Motor Gratis Pakai Kereta Api Masih Banyak, Jangan Kehabisan

2 diantaranya berada di kawasan Kota Jember, yakni di jalan brawijaya Kecamatan Sukorambi dan Desa Jubung Kecamatan Sukorambi.

2 perlintasan itu kerap dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, karena merupakan jalur penghubung utama Kecamatan Panti dan Kawasan Kota Jember.

Namun sayang, meski dekat kawasan pemukiman warga, perlintasan itu tidak dilengkapi palang pintu dan sensor sirine otomatisnya rusak.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Keberangkatan 22 April hingga 13 Mei Terjual 1,4 Juta Lembar

Pelaksana harian manajer humas PT KAI Daops 9 Jember, Tohari mengatakan bahwa ratusan perlintasan kereta api tidak dilengkapi palang pintu, karena keberadaannya liar atau tidak resmi.

Untuk mencegah kecelakaan, pihak PT KAI Daops 9 Jember akan menutup secara bertahap perlintasan tidak resmi tersebut dan akan menerjunkan relawan untuk menjaga perlintasan secara swadaya selama mudik dan balik lebaran.

 

#PerlintasanKeretaApi #PalangPintu #PetugasJagaPerlintasan #PTKAIDaop9 #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x