Kompas TV regional berita daerah

Umat Hindu dan Nasrani Jaga Masjid Saat Tarawih

Kompas.tv - 25 April 2022, 12:44 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Sekelompok warga umat Hindu dan Nasrani yang tergabung dalam Badan Komunikasi Sosial (Bankomsos) di kawasan Labuhan Dalam, Tanjung Senang, Bandar Lampung berpatroli ke setiap rumah warga muslim yang sedang melakukan salat tarawih di masjid.

Toleransi antarumat beragama ini memang kerap ditunjukkan oleh warga Labuhan Dalam. Patroli sendiri dilakukan untuk memastikan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman.

Tak hanya itu, penjagaan masjid juga dilakukan selama salat tarawih berlangsung, sekaligus merapikan setiap kendaraan yang terparkir.

Baca Juga: Pelaksanaan Nyepi di Bandar Lampung Dijaga Umat Muslim dan Nasrani

“Kegiatan ini rutinas tahunan. Jadi, kita patroli keliling ke rumah-rumah saudara kita muslim yang sedang salat tarawih. Ya, kita kontrolah rumah-rumah gerbang mereka,” ujar Nyoman Naditiha Suryana selaku Koordinator Pecalang Umat Hindu Bandar Lampung.

Menurut pengurus masjid Suparno, toleransi beragama di Labuhan Dalam ini sudah berjalan sejak puluhan tahun lalu dan terus dilestarikan hingga saat ini.

Bahkan sebelumnya, umat Muslim juga sempat melakukan hal serupa pada perayaan Natal dan Nyepi.

“Mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada teman-teman nonmuslim yang sudah memberikan rasa nyaman pada kami dalam melaksanakan ibadah salat tarawih dengan mengantisipasi lingkungan,” ujarnya.

Baca Juga: Viral! 11 Pekerja Migran Ilegal Asal Lampung Terlantar di Turki

Diharapkan toleransi yang ada di Labuhan Dalam ini dapat menjadi contoh bagi warga lainnya di setiap wilayah di Indonesia sebagai keragaman kebhinekaan.

#toleransiberagama #badankomunikasisosial #umathindunasranijagamasjid



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x