Kompas TV regional peristiwa

3 Rumah di Pasuruan Rusak Terkena Mortir Marinir, Dankormar: Itu Amunisi Latihan, Bukan Disengaja

Kompas.tv - 23 April 2022, 20:31 WIB
3-rumah-di-pasuruan-rusak-terkena-mortir-marinir-dankormar-itu-amunisi-latihan-bukan-disengaja
Penampakan satu dari tiga rumah di Desa Balung Anyar, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur yang rusak akibat terkena pecahan granat mortir 60 milik Korps Marinir TNI AL, Rabu (20/4/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tiga rumah di Desa Balung Anyar, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur rusak akibat terkena pecahan granat mortir 60 milik TNI Angkatan Laut.

Salah satu rumah yang mengalami kerusakan parah yakni milik Sulastri, warga Dusun Tegalan 2, Desa Balung Anyar. Dua rumah lainnya yakni milik Bapak Sudin dan Ibu Tinamah.

Mortir yang menyasar ke pemukiman warga tersebut merupakan amunisi yang digunakan Yonif 1 Brigif 2 Marinir saat melakukan latihan di pusat latihan pertempuran (Puslatpur) Marinir 3 Grati, Pasuruan, Jawa Timur.

Baca Juga: 3 Rumah Warga di Pasuruan Diduga Kena Mortir Nyasar TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto mengakui pecahan mortir yang merusak tiga rumah warga di Pasuruan adalah milik TNI AL.

Yonif 1 Brigif 2 Marinir menggunakan mortir 60 saat melakukan latihan menembak senjata bantuan infanteri (Senbanif) yakni menembak mortir, senjata mesin berat, peluncur roket anti personel/tank RPG.

Menurut Widodo latihan tersebut merupakan kegiatan rutin yang tercantum dalam sistem pembinaan Korps Marinir. Adanya insiden mortir menyasar ini membuat pihaknya bakal melakukan evaluasi.

"Dari musibah tersebut, KSAL langsung memerintahkan supaya latihan ini di evaluasi. Di mana letak kesalahannya, kenapa sampai jatuh ke sana, kesalahan ini bisa terjadi karena amunisinya, bisa juga karena senjatanya, atau juga karena manusianya. Tetapi latihan itu tidak boleh berhenti karena ini merupakan tuntutan negara akan kesiapan tempur pasukan marinir," ujar Widodo dikutip dari siaran pers Dispenal, Sabtu (23/4/2022).

Baca Juga: Mengerikan! Warga Ukraina Nyaris Kena Mortir Rusia

Widodo menambahkan selain evaluasi KSAL Laksamana TNI Yudo Margono juga menginstruksikan agar rumah warga yang rusak akibat pencahan mortir 60 diperbaiki. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x