Kompas TV regional berita daerah

Makam Raden Ajeng Kartini Dipadati Pengunjung

Kompas.tv - 21 April 2022, 15:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

REMBANG, KOMPAS.TV - Makam Raden Ajeng Kartini yang terletak di Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mulai didatangi peziarah. Tidak hanya dari Kota Rembang saja, mereka juga datang dari berbagai penjuru kota seperti Kudus, Demak, Blora dan Pati. Selain itu, para peziarah juga banyak yang datang dari kedinasan.

“Dalam rangka ziarah sekaligus memperingati hari Kartini. Iya setiap tahun ruti ke sini," tutur Siti Nafiah, peziarah.

Para peziarah yang datang kebanyakan adalah ibu-ibu dari kelompok pengajian. Namun, tak jarang anak-anak juga datang bersama para gurunya untuk melakukan ziarah di makam ini.

Meski tampak ramai, namun, jumlah peziarah tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Hal ini disebabkan peringatan Hari Kartini bersamaan dengan bulan puasa. 

“Untuk pengunjung sendiri memang tidak begitu rame, karena mungkin suasananya lagi puasa. Tapi setidaknya tanggal 21 April ini pengunjungnya banyak dari beberapa kota tetangga,” ujar Wartono, juru kunci makam.

Raden Ajeng Kartini merupakan pahlawan emansipasi wanita asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Beliau wafat usai menikah dengan Bupati Rembang dan di makamkan di Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

#harikartini #radenajengkartini #rembang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x