Kompas TV regional berita daerah

Masjid Al-Khairaat dan Sejarahnya

Kompas.tv - 20 April 2022, 17:53 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Di Kota Palu, Sulawesi Tengah terdapat beberapa masjid yang bersejarah salah satunya Masjid Al-Khairaat Palu yang juga merupakan masjid ikonik di Kota Palu, selain menyimpan banyak cerita,  lokasi masjid yang bertepatan di kawasan wisata religi Kota Palu menjadikan masjid ini sebagi tempat yang cocok untuk melakukan wisata religi.

Jika anda berkunjung ke Kota Palu, Sulawesi Tengah, tepatnya di kawasan wisata religi jalan Sis-Al Jufrie Palu, maka akan sangat mudah untuk anda mendapatkan Masjid Al-Khairaat Palu yang merupakan salah satu masjid ikonik di Kota Palu karena sarat akan sejarah .

Masid Al-Khairaat adalah salah satu masjid tertua di Kota Palu yang dibangun oleh Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufrie atau dikenal juga dengan sebutan Guru Tua. Beliau merupakan salah satu ulama besar yang berjasa dalam menyebarkan agama  Islam di Sulawesi Tengah dan juga merupakan pendiri Yayasan Al-Khairaat Palu, nama masjid sendiri diambil dari enam surah dalam Al Qur’an.

Bangunan masjid ini diadaptasi dari bangunan rumah kerajaan di Kota Palu, secara tampak luar masjid ini memiliki 2 lantai, dimana lantai pertama di khususkan untuk jaamah laki-laki sedangkan di lantai dua nya khusus untuk para jamaah perempuan.  Tidak banyak yang berubah dari bangunan masjid ini sejak awal dibangun, suasana nyaman dan sejuk yang bisa dirasakan ketika berada di dalam masjid ini membuat para jamaah semakin khusyuk dalam beribadah.

Di masjid ini juga terdapat makam dari Guru Tua yang merupakan pendiri Yayasan Al-Khairat,  ada pula makam dari para istri beliau, anak- anak dan juga cucu nya. Setiap harinya, selain beribadah  biasanya para jamaah atau orang-orang yang berkunjung ke masjid ini selalu menyempatkan diri untuk berziarah ke makam yang ada didalam masjid.

#MasjidAl-Khairaat #GuruTua #KawasanReligiSisAljufri 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x