Kompas TV regional berita daerah

Ngabuburit di Makam Sambil Menghafal Al-Qur an

Kompas.tv - 20 April 2022, 14:44 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Untuk mengisi waktu luang sambil menunggu waktu berbuka puasa, puluhan santri Pondok Pesantren Darul Qur’an Nurul Abidin Kudus, Jawa Tengah, ngabuburit dipemakaman umum Desa Ploso, Kecamatan Jati Kudus.

Sambil membawa Al Qur’an, mereka menuju ke sebuah bangunan joglo yang berada di tengah pemakaman, makam ini adalah makam ulama’ kharismatik Habib Ja’far Al Kaff berserta segenap keluarganya. 

Usai mencari tempat duduk yang nyaman, para santri yang rata-rata masih berusia anak-anak ini kemudian mengaji sambil membuat hafalan Al Qur’an, yang nantinya akan diujikan oleh para gurunya di pondok. 

Muhammad Alrega Rizkiyan Arif, salah satu santri mengaku, ngabuburit dengan memilih membuat hafalan Al Qur’an di pemakaman karena suasananya lebih tenang dan nyaman sehingga mudah untuk menghafal Al Qur’an.

"Ini kan lagi ngabuburit, ziarah ke makamnya Habib Ja'far. Sekalian deres buat hafalan," ujar Rizki.

Sementara itu, menurut Habib Ali Zaenal Abidin Al Kaff, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Qur’an Nurul Abidin, di pesantren ini para santri selain menghafalkan Al Quran juga dididik untuk berahlakul karimah. Salah satunya dengan menghormati para guru dan orang tua dengan menziyarahi makam apa bila mereka sudah meninggal.

Selain mengaji dan menghafal Al Quran, para santri di pesantren ini juga mengikuti sekolah formal, mulai dari jenjang sekolah dasar hingga SMA, dengan harapan selain menjadi penghafal Al Qur’an mereka juga dapat menguasai ilmu pengetahuan.

#kudus #ponpesdarulquran #puasa

 

 

   



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x