Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Thailand Buka Warung Ramadan untuk Buka Puasa dan Sahur

Kompas.tv - 18 April 2022, 12:21 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Puluhan mahasiswa muslim asal Thailand, yang tengah kuliah di Kabupaten Jember Jawa Timur, membuka warung makan untuk buka puasa dan sahur. Hal itu dilakukan untuk menyambung hidup sekaligus mengobati rasa rindu suasana ramadan di kampung halaman.

Sebanyak 30 mahasiswa muslim asal Thailand tengah menyelesaikan studi S1 di sejumlah perguruan tinggi negeri di Kabupaten Jember. Ramadan tahun ini, mereka tak bisa pulang ke kampung halaman, karena masih kuliah.

Untuk menyambung hidup, mereka membuka warung di sekitar kampus Uin Khas Jember atau Universitas Islam Negeri Kiyai Haji Ahmad Siddiq Jember.

Baca Juga: Benarkah Minum Es saat Buka Puasa Berbahaya? Begini Faktanya

Warung dibuka mulai sore jelang buka puasa hingga malam hari jelang sahur. Menjual berbagai macam makanan dan minuman khas Thailand. Ada roti canai, roti telur, roti melo, mie telor pangsit, sama rodeng dan teh susu Thailand. Seluruh makanan dijual seharga 5 ribu rupiah.

Selain menjadi tambahan bekal, warung sengaja didirikan untuk mengobati rasa rindu pada kampung halaman, karena setiap ramadan, mereka selalu berkumpul berbagi makanan.

Banyak mahasiswa Indonesia yang datang ke warung mereka untuk membeli dan merasakan makanan khas negeri gajah putih.

Mahasiswa Thailand mengaku senang bisa menjalankan ibadah ramadan di Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim.

 

#MahasiswaThailand #MahasiswaAsing #Warung #BukaPuasa #Sahur #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x