Kompas TV regional berita daerah

Lemka, Cikal Bakal Pesantren Kaligrafi di Indonesia

Kompas.tv - 13 April 2022, 16:05 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV - Pondok Pesantren Alquran Lembaga Kaligrafi (LEMKA) yang berada di Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat, banyak mencetak santri-santri yang mahir dalam kaligrafi al qur’an yang telah mendunia. Ponpes yang berdiri sejak tahun 1998 ini ternyata merupakan Cikal Bakal Pesantren Kaligrafi di Indonesia.

Saat ini seratus lebih santri menimba ilmu kaligrafi di tempat ini. Kebanyakan santri ini berasal dari Luar Pulau Jawa. Mereka menetap di pesantren tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah. Berbeda dari tahun sebelumnya, di tahun selanjutnya pesantren ini telah kembali menerima santri dari Luar Negeri seperti Turki, Thailand, Malaysia, dan negara lainnya.

Teori dan teknik melukis yang diajarkan para ustad langsung di praktekan para santri di alam terbuka. Letak geografis pesantren yang berada dibawah kaki gunung gede, menawarkan banyak inspirasi para santri. Para santri di ajarkan dengan tujuh tingkat pendalaman huruf, serta beragam aliran dalam kaligrafi selama satu tahun. Bagaimana menghasilkan kaligrafi dengan karya seni bernilai tinggi.

Para santri mengatakan, dirinya sengaja datang ke tempat ini untuk mendalami ilmu kaligrafi. Mereka bertekad akan menjadikan kaligrafi pengenalan dan pembelajaran didaerahnya kelak nanti.

Dalam waktu satu tahun para santri mempelajari Tujuh Macam Khat atau Tulisan, seperti Naskah Tulisan Murni, Tsulusy, Farasi, Riq'i, Diwani Jali dan Khufi. Tak hanya tulisan kaligrafi saja, di Pesantren Lemka ini juga mengajarkan sejumlah gaya kaligrafi baik beraliran Dekoratif, Kontemporer, Mushab, Murni dan yang lainnya. Tak aneh, jika para santri Lemka kerap meraih prestasi di berbagai kompetisi kaligrafi baik di tingkat Nasional maupun Internasional.  

Saat ini Pondok Pesantren Lemka sendiri telah mempunyai Lemka Galeri, dimana para santri dapat mempamerkan dan mempromosikan hasil karya kaligrafinya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x