Kompas TV regional berita daerah

Peci Bulu Ala Rusia, Manfaatkan Limbah Garmen

Kompas.tv - 11 April 2022, 19:18 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Berbekal kreativitas dan ketekunannya nunung ervana, pengrajin peci warga desa piji, Kecamatan dawe, kabupaten kudus, Jawa Tengah, berhasil memanfaatkan limbah pabrik garmen untuk diubah menjadi peci bulu rusia, atau sering dikenal dengan kubanka. 

 

Ide pembuatan peci bulu rusia ini bermula dari banyaknya limbah dari pabrik garmen yang tidak terpakai, karena bentuknya yang tebal dan menyerupai bulu, akhirnya muncul ide untuk membuat peci yang biasa dikenakan oleh warga yang berada di daerah dingin seperti di negeri beruang putih rusia.

 

Setelah jadi ternyata produk peci tersebut cukup laris dipasaran, terbukti dari banyaknya pesanan yang datang dari wilayah lokal kudus hingga berbagai daerah di indonesia, dan selama bulan ramadhan ini permintaannya pun naik hingga mencapai delapan puluh persen.

 

Untuk membuat peci rusia ini tidaklah sulit, dengan dibantu lima orang karyawan dalam sehari nunung mampu memproduksi seratus lima puluh hingga dua ratus peci dengan berbagai motif warna, mulai dari warna hitam, putih dan coklat.

 

Sementara itu untuk harga jual peci bulu rusia ini dipatok di kisaran harga empat puluh hingga enam puluh ribu rupiah, tergantung motif yang diinginkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x