Kompas TV regional berita daerah

Isi Kegiatan Ramadan, Polwan Berlatih Rebana

Kompas.tv - 5 April 2022, 12:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SALATIGA, KOMPAS.TV - Belasan polisi wanita (Polwan) dari satuan Binmas Polres Salatiga, Jawa Tengah, berlatih rebana. Latihan ini dimaksudkan untuk mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan positif, setelah menjalankan kewajiban melayani masyarakat.

Suara rebana ini bertabuh kompak saat dimainkan oleh para polwan dari satuan Binmas Polres Salatiga. Belasan polwan ini tengah berlatih memainkan rebana di Masjid Sunan Kalijaga yang terletak di Polres Salatiga, setelah selesai bertugas.

Dari 15 polwan yang berlatih rebana, 5 orang di bagian vokal, sementara 10 orang lainnya memainkan alat musik. Mereka menyempatkan waktu untuk berlatih selama dua jam, yang biasa dilakukan setiap hari Jumat. Meski baru berlatih selama dua minggu, ternyata para polwan tersebut sudah menguasai beberapa lagu. Dengan bimbingan pelatih, para polwan diajarkan teknik yang sederhana menabuh rebana, cara bernyanyi dan menjaga kekompakan. Diharapkan dengan adanya kegiatan berlatih musik rebana, anggota polwan Polres Salatiga juga memiliki keterampilan seni religi.

"Polwan juga melaksanakan kegiatan rutinas seperti melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat, sambil latihan rebana yang dilatih oleh dua orang pelatih dan dilaksanakan seminggu dua kali," ujar AKBP Indra Mardiana, Kapolres Salatiga.

Sebelumnya, kesenian rebana ini sudah dirintis sejak tujuh bulan lalu oleh Polres Salatiga dan sempat tampil di HUT Polwan, serta acara Kamis Religi. Dan kini digiatkan lagi di bulan suci Ramadan.

#polwan #rebana #polressalatiga
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x