Kompas TV regional berita daerah

Begini Kisah 2 Simpatisan TPNPB-OPM Serahkan Diri Ke NKRI Lewat Koramil Kambrauw

Kompas.tv - 4 April 2022, 18:23 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

KAIMANA, KOMPAS.TV - Dua anggota  Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB - OPM), Natalis Watora (25) dan Engel Feneteruma  (31), menyerahkan diri secara sukarela, bertempat di Koramil 1804-07/Kambrauw kampung Sunua distrik Kambrauw, Kaimana, Papua Barat.

Proses penyerahan diri ini didampingi oleh kepala distrik Kambrauw, Barent Tumanat dan diterima oleh Danramil 1804-07/Kambrauw Kapten Infantri Frans Aboda,  dengan membawa barang-barang bukti seperti 2 mata panah, 2 buah peluru senapan angin kaliber 3mm dan barang bukti lainnya.

Kedua simpatisan tersebut merupakan anggota TPNPB-OPM Kodap XII Kaimana-Kuri yang berasal dari kampung Rauna. Dimana penyerahan diri ini, berawal dari kedua pelaku melarikan diri dari kelompok jonair waga, bersama simpatisannya yang akan melakukan aksi di pertigaan masuk tpu kurang lebih 200 meter sebelah barat Yonif 764/IB.

Mereka melarikan diri dari kelompok dikarenakan takut dalam pelaksanaan aksi dan merasa terlantar, sehingga berniat kembali ke kampung Rauna dengan berjalan kaki mengikuti pinggiran hutan sepanjang jalan menuju kampung Tanggaromi dan tiba di salah satu rumah warga.

Selanjutnya mereka memutuskan bertemu dengan barent tumanat dan membawa, kedua simpatisan tersebut ke Koramil 1804-07/Kambrauw, guna menyerahkan diri dan diambil keterangan oleh Kodim 1804/Kaimana.

Pada kesempatan tersebut kedua simpatisan membuat surat pernyataan untuk kembali setia kepada NKRI dan tunduk kepada hukum yang berlaku di Indonesia. Dan sekalius mengajak warga kampung untuk tidak terpengaruh dengan ajakan dari orang luar yang dapat berbuat anarkis dan kriminal.

Kedua orang simpatisan tersebut, diserahkan kembali kepada ka distrik Kambrauw dan Danramil Kambrauw untuk dipulangkan ke keluarga.

#KaimanaPapua #KKB #OPM



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x