Kompas TV regional agama

Masjid UGM soal Alasan Undang Anies, RK, Ganjar hingga Mahfud MD Jadi Penceramah Tarawih

Kompas.tv - 1 April 2022, 13:01 WIB
masjid-ugm-soal-alasan-undang-anies-rk-ganjar-hingga-mahfud-md-jadi-penceramah-tarawih
Ketua Takmir Masjid Kampus UGM Rizal Mustansyir menjelaskan alasan mengundang para tokoh nasional seperti Anies Baswedan hingga Ridwan Kamil untuk mengisi ceramah Tarawih Ramadan di Masjid Kampus UGM. (Sumber: Instagram @ridwankamil dan Instagram @aniesbaswedan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Sederet tokoh Nasional seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, hingga Ridwan Kamil (RK), dijadwalkan akan mengisi ceramah Tarawih Ramadan di Masjid Kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Ketua Takmir Masjid Kampus UGM, Rizal Mustansyir menjelaskan alasan mengundang para tokoh tersebut karena terkait pengalaman akademis mereka.

Rizal menuturkan para tokoh yang akan menjadi pembicara ini merupakan akademisi yang sudah menjadi praktisi. Sehingga dia ingin melihat bagaimana penerapan ilmu-ilmu mereka di dunia praktis.

"Mereka itu kan akademisi. Dan akademisi ada dua, yakni murni yang berkaki di dunia kampus seperti kami ini, kemudian akademisi yang sudah menjadi tradisi yang berkiprah di dalam dunia birokrasi," kata Rizal dihubungi KOMPAS.TV, Jumat (1/4/2022). 

"Kami ingin mencoba melihat bagaimana pengembangan dunia kademisi mereka setelah terjun dalam dunia praktis," tegasnya.

Sebab itu, dia menuturkan tema yang dipilih selama Ramadan di Masjid Kampus UGM ini disesuaikan dengan kepakaran para tokoh tersebut.

Baca Juga: Kapan Puasa Ramadan 1443 H? Ini Jadwal dan Link Live Streaming Sidang Isbat 2022

"Maka tema-tema yang kita tampilkan terkait dengan kepakaran mereka, misalnya maslaah birokrasi, hukum, ekonomi," ungkapnya. 

"Sebab selalu ada jembatan antara teori dan praktik. Dengan mengundang mereka kita ingin melihat apakah jembatannya itu gap-nya lebar atau dapat kita jembatani dengan hal lainnya, dialognya kira-kira begitu," jelas Rizal. 

Tidak hanya para kepala daerah saja yang menjadi pembicara Ramadan Masjid Kampus UGM, 

Terdapat pula sejumlah tokoh lainnya seperti Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, Mendikbudristek Nadiem Makarim, Menteri  Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf, hingga Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. 

Terkait kehadiran para tokoh ini, Rizal menuturkan belum dapat memastikan apakah semua dapat hadir atau tidak. Mengingat, kata dia, hingga kini ada yang masih menunggu konfirmasi.

"Ada beberapa yang belum (konfirmasi)," ungkapnya.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pembicara Tarawih Ramadan Masjid Kampus UGM: Ada Ganjar, Anies, RK hingga Mahfud MD




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x