Kompas TV regional berita daerah

KTT G20 Datangkan Rezeki Bagi Perajin Wayang di Solo

Kompas.tv - 31 Maret 2022, 09:57 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SOLO, KOMPAS.TV - Gelaran KTT G20 mendatangkan rezeki bagi perajin wayang di Solo, Jawa Tengah. Bagi Margono, salah seorang perajin wayang kulit dari Solo, gelaran KTT G20 mendatangkan rezeki yang cukup luar biasa. Di masa pandemi Covid-19, kerajinan wayang menjadi salah satu yang cukup terdampak. Sepinya pentas membuat banyak dalang yang tidak lagi memesan wayang kulit.

Namun, kini peruntungannya berubah dengan datangnya pesanan dari penyelenggaraan KTT G20. Salah satu agendanya Trade Investment And Industry Working Group atau Tiiwg Presidensi G20 Indonesia 2022, yang diselenggarakan di Solo. Dan Margono pun mendapatkan pesanan untuk suvenir bagi delegasi peserta.

"Pertama kali saya di WA dari Kemenperin di Jakarta untuk mengirim katalog produk dari Sanggar Wayang Gogon. Jadi produk-produk apa saja yang kita produksi. Diantaranya ada wayang kulit, souvenir-souvenir, gantungan kunci, ada hiasan meja. Akhirnya dipilih hiasan meja tengahnya ada produk wayangnya," ujar Margono.

Dibutuhkan ketelitian dalam membuat wayang mini dengan dua sisi yang menampilkan karakter. Sebanyak 75 wayang kulit mini dibuat khusus untuk delegasi tamu. Masing-masing menampilkan tokoh pewayangan seperti Arjuna, Srikandi, dan lainnya. Harganya Rp 450.000 per satuannya.

#kttg20 #wayang #solo

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB
Close Ads x