Kompas TV regional sosial

Gelar Razia Jelang Ramadan, Petugas Temukan Barang Terlarang Milik Napi Lapas Kelas III Parigi

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 18:53 WIB
gelar-razia-jelang-ramadan-petugas-temukan-barang-terlarang-milik-napi-lapas-kelas-iii-parigi
Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi, menemukan sejumlah barang terlarang saat melakukan razia warga binaan pemasyarakatan. (Sumber: Ditjenpas Kemenkumham)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Parigi, menemukan sejumlah barang terlarang saat melakukan razia warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Mengutip keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) Kemenkumham, Rabu (30/3/2022), razia itu dilakukan Selasa (29/3/2022) malam.

Kepala Lapas (Kalapas) Parigi, Didik Niryanto, menjelaskan, pelaksanaan razia tersebut untuk menjamin keamanan dan ketertiban memasuki Bulan Ramadan 1443 H.

“Razia seperti ini dilakukan sebagai langkah peningkatan kewaspadaan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas,” ucap Didik.

Baca Juga: Petugas Gabungan Razia Lapas, Temukan Benda Tajam di Ruang Tahanan

Dalam pelaksanaan razia, Didik mengimbau agar inspeksi mendadak (sidak) dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan SOP, serta mengedepankan rasa humanis dan persuasif.

Dalam razia gabungan tersebut, pihaknya menemukan dan menyita sejumlah barang terlarang milik WBP.

Barang-barang itu di antaranya ponsel atau handphone, baterai, charger, kabel, dan sendok logam.

Temuan tersebut selanjutnya akan dimusnahkan dan WBP pemilik barang bukti yang disita akan diberikan sanksi sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Dari hasil pemeriksaan kita, terdapat sejumlah barang bukti sitaan. Maka sesuai dengan aturannya para WBP pemilik barang ini akan diberikan sanksi,” kata Kalapas.

Sementara, Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban, I Wayan Sugiartawan, menambahkan, razia tersebut merupakan perintah dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Baca Juga: Asah Kemampuan, Lapas Perempuan Gorontalo Gelar Pelatihan FMD Latihan Menembak

Hal itu sebagai upaya menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban dalam rangka menyambut Ramadan 1443 H/2022.

“Razia ini kita lakukan atas perintah pimpinan guna menciptakan ketertiban jelang memasuki bulan puasa.”

“Agar di bulan penuh berkah tersebut para warga binaan pemasyarakatan (WBP) dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik,” ungkapnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x