Kompas TV regional berita daerah

Harga Kebutuhan Bahan Pangan Naik Sepekan Jelang Ramadan

Kompas.tv - 29 Maret 2022, 11:23 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Sepekan menjelang ramadhan, harga kebutuhan bahan pangan di pasar tradisional Kabupaten Jember Jawa Timur naik. Kenaikan terjadi karena permintaan konsumen tinggi, sedangkan pasokan dari produsen menipis.

Harga sejumlah kebutuhan bahan pangan di pasar tradisional tanjung Kabupaten Jember naik. Kenaikan paling  tinggi terjadi pada komoditas sayur mayur dan bumbu dapur.

Baca Juga: Harga Daging Ayam Naik, Ceker dan Kepala Ayam Laris

Bawang merah, yang normalnya hanya 30 ribu rupiah, kini naik menjadi 40 ribu rupiah per kilogram. Bawang putih, yang sebelumnya 24 ribu, juga naik menjadi 28 ribu rupiah per kilogram.

Cabai merah besar naik menjadi 45 ribu rupiah dari 30 ribu rupiah per kilogram. Tomat juga naik 8 ribu rupiah dari harga 5 ribu rupiah per kilogram.

Daging ayam juga mengalami kenaikan. Daging ayam potong naik 36 ribu rupiah dari harga 30 ribu per kilogram. Daging ayam kampung, yang sebelumnya 50 ribu, naik menjadi 60 ribu rupiah.

Bahkan kenaikan juga terjadi pada beras. Dari harga 52 ribu rupiah naik menjadi 58 ribu rupiah per 5 kilogram.

Kenaikan terjadi karena pasokan dari produsen berkurang akibat cuaca buruk dan gagal panen. Di saat bersamaan, permintaan konsumen terus meningkat menjelang bulan ramadhan.

Baca Juga: Pasokan Menipis, Harga Cabai di Pasaran Naik

Ibu-ibu rumah tangga harus mengatur pengeluaran dengan mengurangi jumlah pembelian kebutuhan bahan.

Kenaikan harga bahan pangan dipastikan terus terjadi hingga menjelang hari raya idul fitri. Warga berharap pemerintah turun tangan agar harga stabil dan daya beli masyarakat meningkat.

#HargaNaik #BahanPangan #KebutuhanPokok #PasarTradisional #Ramadan #Jember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x