Kompas TV regional peristiwa

Belasan Makam di Pontianak Dirusak Orang Tak Dikenal, Polisi Masih Buru Pelaku

Kompas.tv - 28 Maret 2022, 10:53 WIB
belasan-makam-di-pontianak-dirusak-orang-tak-dikenal-polisi-masih-buru-pelaku
Belasan makam di Komplek Pemakaman Umum, Jalan Abdurahman Saleh, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dirusak orang tak dikenal. (Sumber: Kompas TV/Anugrah)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

PONTIANAK, KOMPAS.TV — Belasan makam di Komplek Pemakaman Umum, Jalan Abdurahman Saleh, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) dirusak orang tak dikenal.

Dalam video amatir yang direkam warga, sejumlah makam diduga dirusak pelaku pada Minggu (27/3/2022) dini hari. Belasan makam mengalami kerusakan mulai dari batu nisan yang dicabut, pecah, dan berserakan hingga salah satu makam yang diduga sempat digali oleh pelaku.

Terkait hal itu, Kasat Reskrim Polresta Pontianak, AKP Indra Asrianto mengatakan, peristiwa tersebut telah dilaporkan dan masih dalam penyelidikan.

"Kami telah melakukan penyelidikan dengan memeriksa sejumlah saksi dan olah tempat kejadian perkara," kata Indra seperti dikutip Kompas.com, Minggu (27/3/2022).

Indra menerangkan, peristiwa perusakan terungkap saat Sunardi, seorang penjaga makam datang dan melihat ada kuburan telah dibongkar dan batu nisan dicabut.

Dari hasil pemeriksaan di lapangan, ucap Indra, terdapat 10 makam yang batu nisannya dicabut dan satu makam digali.

"Kejadian tersebut telah dilaporkan ke Mapolresta Pontianak. Perkembangannya kami laporkan kembali," ucap Indra.

Baca Juga: Untaian Panjang Doa untuk Leluhur saat Ziarah di Pekan Terakhir Jelang Ramadan

Salah satu makam yang dirusak orang tak dikenal di Pontianak, Minggu (27/3/2022) (Sumber: Kompas TV/Anugrah)

Sementara itu, berdasarkan pantauan Jurnalis KOMPAS TV Anugrah, di Pontianak, hingga Senin (28/3) pagi, masih ada sejumlah warga yang mendatangi komplek pemakaman untuk memastikan makam kerabatnya tidak mengalami perusakan.

Ditemui di lokasi, Rio salah satu warga mengatakan dirinya datang mengecek makam kerabat usai mendapat informasi dari video yang beredar di media sosial.

"Kebetulan bapak saya sendiri di sini (dimakamkan di BLKI). Jadi paginya kami langsung kemas-kemas sebelum kerja, Alhamdulillah makam orangtua saya endak dirusak, cuma ada sedikit retak-retaklah. Sepertinya yang dikejar pelaku adalah makam-makam yang baru tanah nisannya," kata Rio.

Sementara itu, melansir Kompas.com, Helda mengaku, makam neneknya turut menjadi korban. Kedua batu nisannya dicabut dan ditemukan tergeletak di antara makam yang lain.

"Saya hitung ada 11 makam, tapi tidak tahu, apakah ada yang terlewat," kata Helga.

Menurut Helga, dia tahu kejadian tersebut setelah ditelepon seorang kerabatnya.

"Saya baru tahu tadi pagi, karena orangtua dan nenek saya dimakamkan ke sini, jadi saya langsung cek. Ternyata benar, batu nisan makam nenek saya dicabut," ujar Helga.

Baca Juga: TPU Karet Tengsin hingga TPU Khusus Covid-19 Rorotan, Warga DKI Ziarah Makam Keluarga Jelang Ramadan



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x