Kompas TV regional berita daerah

Warga Gelar Papajar Atau Makan Bersama Khas Orang Sunda

Kompas.tv - 24 Maret 2022, 16:35 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI,KOMPAS.TV- Banyak cara warga menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan Tahun ini. Salah satunya lokasi di Kawasan Wisata Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Warga banyak memanfaatkan waktu untuk bersama dengan teman komunitas ataupun keluarga mengisi datangnya Bulan Suci Ramadhan atau yang sering disebut warga dengan papajar. Sebuah tradisi bagi warga sebelum memasuki Bulan puasa disambut dengan papajar atau makan-makan nasi liwet baik di Perkampungan atau juga Resto di tempat Wisata.

Salah satu warga Abi Ismail, warga Cianjur, sengaja datang bersama teman-temannya untuk berkumpul dan makan bersama, dengan memilih Resto yang ada di kawasan Wisata dengan ciri khas ikan bakar dengan bumbu rempah-rempah.

Sementara itu, pengelola Resto Dapur Muara Kenari, mengatakan, saat ini cukup banyak warga yang datang untuk melakukan papajar atau makan bersama di tempatnya. Menu yang menjadi andalan di resto ini, yaitu ikan bakar dengan bumbu rempah, udang, cumi-cumi dan banyak lainnya. 

Papajar biasa dilakukan sebelum Bulan puasa tiba. Biasanya, Dua hari atau Seminggu sebelum memasuki Bulan puasa banyak lokasi Wisata atau Resto jadi tempat warga gelar papajar yang menjadi ciri khas orang sunda untuk menyambut Bulan puasa.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x