Kompas TV regional berita daerah

Pasar Wadai Ramadan Tahun Ini Rencananya Kembali Dibuka di Kota Martapura

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 21:52 WIB

BANJAR, KOMPAS.TV - Sejak pandemi covid-19 mewabah, tradisi masyarakat setiap bulan suci ramadan yakni gelaran pasar wadai ditiadakan.

Kerinduan masyarakat Martapura akan keberadaan pasar wadai atau sarana berbelanja menu buka puasa, utamanya kudapan tradisional Khas Banjar, kemungkinan tahun ini akan terobati.

Baca Juga: Pedagang Mengeluh, Terpaksa Beli Gas dari Pengecer dengan Harga Tinggi Akibat di Pangkalan Langka

Pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah rencananya akan membuka pasar wadai di alun-alun Ratu Zalecha Martapura mulai hari pertama Ramadan 1443 hijriah.

Kendati demikan, pasar wadai ramadan nantinya tetap akan dibatasi dan penerapan protokol kesehatan ketat pun diterapkan di dalamnya.

"Kita akan tetap membatasi sebagaimana ketentuan yang akan disepakati dalam rapat, untuk memulai dari awal lagi kegiatan ini yang mungkin nantinya keberhasilan pelaksanaan akan kita evaluasi untuk tahun-tahun selanjutnya," ungkap Direktur PD PBB, Rusdiansyah.

Baca Juga: Meresahkan Warga, Kawanan Anjing Liar Jadi Target Evakuasi Tim Animal Rescue Banjarmasin

Pasar wadai ramadhan di Martapura nantinya diharap juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat terlebih pedagang kue dan usaha mikro.

Sebelum pandemi covid-19 mewabah, pasar wadai sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Kalimantan Selatan yang dilaksanakan atau dibuka pemerintah daerah di setiap kabupaten kota.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x