Kompas TV regional update

Mantan Napiter Ungkap Besarnya Biaya Aksi Terorisme hingga Standar Pakaian Bermerek yang Dikenakan

Kompas.tv - 13 Maret 2022, 16:16 WIB
mantan-napiter-ungkap-besarnya-biaya-aksi-terorisme-hingga-standar-pakaian-bermerek-yang-dikenakan
Mantan napiter, Jack harun (kiri) menyebut, aksi terorisme biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan pada aksi seperti bom Bali, pelaku memiliki standar mengenakan pakaian bermerek. (Sumber: Kompas TV/Kurniawan Eka Mulyana)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Aksi terorisme biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan pada aksi seperti bom Bali, pelaku memiliki standar mengenakan pakaian bermerek.

Penjelasan itu disampaikan oleh mantan narapidana kasus terorisme (napiter), Joko Triharmanto, yang dikenal dengan nama Jack Harun.

Menurutnya, penggalangan dana untuk pelaksanaan aksi terorisme sudah dilakukan sejak dulu di hampir semua kota di Indonesia.

“Sebenarnya, untuk penggalangan dana itu di semua kota sudah dari dulu kita masuk. Terbukti bahwa kami pun, saya pribadi pun terpapar justru dari Jogja,” jelas Jack dalam kegiatan Pelatihan Islam Washatiyah dan Filontropi Islam yang digelar oleh Pusat Studi ISAIs UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, di Hotel @HOM Premiere Timoho, Minggu (13/3/2022).

Jack mengaku sejak SMP sudah memiliki bibit radikalisme. Kala itu, dia merasa tidak terima melihat pembantaian di Bosnia.

Baca Juga: Pengumpulan Dana untuk Kegiatan Terorisme Merupakan Tren yang Berpola

Kemudian, saat kelas dua SMA, bibit terorisme semakin muncul, dan dirinya dibaiat menjadi warga lembaga teroris.

“Waktu itu saya masih umur SMP sudah melihat media, kemudian saat kelas dua SMA sudah betul-betul dibaiat menjadi warga dari lembaga atau dari paham teroris tersebut.”

“Itu menjadi bukti bahwa di Jogja ini tidak bisa kita katakan nol,” tambahnya.

Mengenai biaya untuk melakukan aksi teror, Jack mengaku tidak tahu pasti jumlah nominalnya. Tetapi, sebagai gambaran, dia menceritakan biaya yang diperlukan untuk aksi bom Bali pertama.

Untuk aksi bom Bali tersebut, para pelaku harus membeli satu unit mobil untuk melancarkan aksi mereka.

“Di bom Bali ini kan satu mobil, kita beli mobil. Kemudian kita survei berkali-kali, dan standarnya waktu itu kita harus meninggalkan identitas yang berbau Islam.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x