Kompas TV regional peristiwa

8 Pekerja Keracunan Hidrogen Sulfida Akibat Kebocoran Pipa Gas PLTP Dieng

Kompas.tv - 13 Maret 2022, 01:05 WIB
8-pekerja-keracunan-hidrogen-sulfida-akibat-kebocoran-pipa-gas-pltp-dieng
Kapolres Banjarnegara, AKBP Hendri Yulianto, saat melihat kondisi para pekerja di RSUD Wonosobo yang menghirup Hidrogen Sulfida dari kebocoran pipa gas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Geo Dipa di kawasan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (12/3/2022). (Sumber: Dok. Humas Polresta Banjarnegara)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

BANJARNEGARA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Jawa Tengah membenarkan adanya insiden kebocoran gas pembangkit listri Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo menjelaskan informasi yang diterima kebocoran pipa gas terjadi di sumur Pad 28 Geo Dipa Energi di Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur.

Saat itu pekerja sedang melakukan persiapan pengeboran, diduga terjadi kebocoran hingga mengeluarkan Hidrogen Sulfida (H2S) dari sumur Pad 28 yang membuat pekerja mengalami sesak napas, kejang dan muntah.

Baca Juga: Pipa Gas Kembali Bocor, Ratusan Warga di Kab. Karawang Keracunan

Menurut Andri ada sembilan pekerja yang sedang melakukan persiapan pengeboran di Sumur Pad 28 Geo Dipa, satu orang meninggal dunia akibat keracunan Hidrogen Sulfida dan delapan pekerja lain sudah mendapat penanganan di RSUD Wonosobo.

"Satu orang dalam keadaan meninggal dunia dan delapan lainnya dirujuk ke RSUD Wonosobo," ujar Andri dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/3/2022). Dikutip dari Antara.

Andri menambahkan saat ini lokasi kebocoran gas sudah diberi garis polisi. Petugas juga sedang melakukan olah tempat kejadian perkara, dan meminta keterangan saksi terkait insien tersebut.

Andri meminta masyarakat untuk tidak panik dan karena saat ini kondisi sudah terkendali.

Baca Juga: 80 Warga Karawang Keracunan Akibat Kebocoran Gas Kimia Pabrik Kertas

"Masyarakat juga agar tidak mudah percaya berita yang belum jelas kebenarannya, atau disinformasi atau hoaks, cari info dari sumber-sumber terpercaya," ujarnya.



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x