Kompas TV regional berita daerah

Diduga Ditipu Penyalur Kerja, 13 Calon PMI Terlantar di Turki

Kompas.tv - 11 Maret 2022, 12:08 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Inilah video kondisi calon Pekerja Migran Indonesia asal Bali yang luntang-lantung di Turki. Video ini diperoleh dari anggota DPR RI asal Bali, Nyoman Parta, yang diunggah di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat calon pekerja migran yang tidur berdesakan di mess yang sempit dengan kondisi memprihatinkan. Calon PMI ini diduga telah ditipu oleh penyalur kerja yang mengiming-imingkan pekerjaan di Turki.

Terkait video tersebut, Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali membenarkan telah menerima surat dari kuasa hukum warga Bali yang luntang lantung. Namun Disnaker membantah yang bersangkutan adalah PMI, karena berangkat menggunakan visa holiday, yang seharusnya visa kerja.

Dari surat yang diterima dijelaskan kronologinya, bahwa tujuan warga Bali tersebut memang untuk bekerja di Turki sebagai housekeeping. Namun, mereka baru mengetahui visa yang digunakan visa holiday saat berangkat padahal dalam perjanjian menggunakan visa kerja. Menindaklanjuti kasus ini Dinas Tenaga Kerja masih melakukan pendalaman dan akan bertemu dengan kuasa hukum dan pihak terkait.

Mengantisispasi hal serupa, pihaknya menghimbau agar calon PMI mengikuti prosedur yang berlaku. Jika ada tawaran menggiurkan dari Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia atau P3MI, agar mengkonfirmasi ke Dinas Tenaga Kerja, tentang P3MI tersebut apakah terdaftar atau tidak , sehingga terhindar dari kasus penipuan penyaluran pekerjaan di luar negeri.

 

 

 

#pmibali #turki #disnakerbali

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x