Kompas TV regional peristiwa

Petugas Damkar Kabupaten Bogor Bantu Evakuasi Pria Obesitas untuk Berobat

Kompas.tv - 10 Maret 2022, 00:50 WIB
petugas-damkar-kabupaten-bogor-bantu-evakuasi-pria-obesitas-untuk-berobat
Proses evakuasi warga penderita obesitas di Kelurahan Pabuaran, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/3/2022) (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Deni Muliya

BOGOR, KOMPAS.TV – Petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membantu mengevakuasi Singgih (42), warga penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Singgih diketahui hendak berobat ke rumah sakit tetapi kesulitan berjalan lantaran memiliki berat badan mencapai 180 kilogram.

"Kami menerima permintaan evakuasi seorang pasien yang mengalami obesitas dengan berat badan sekitar 180 kilogram," terang Komandan Regu (Danru) Rescue II Damkar Kabupaten Bogor, Muhammad Ridwan di Cibinong, Bogor, Rabu (9/3/2022).

Tim Rescue dimintai tolong oleh pihak keluarga penderita obesitas asal Kelurahan Pabuaran, Cibinong, Kabupaten Bogor tersebut untuk mengevakuasinya dari tempat tinggal ke mobil ambulans lalu berobat ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Tips Kurangi Asupan Garam Agar Tak Berakibat Obesitas dan Stroke

Proses evakuasi memakan waktu sekitar tiga jam, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

Petugas Damkar mengevakuasi dengan cara menempatkan Singgih di sebuah alas kasur yang kemudian diangkat bersama-sama.

"Kita angkat bersama kasurnya. Karena yang bersangkutan sudah kesulitan untuk berjalan. Kita angkat ke mobil ambulans saja. Untuk selanjutnya dibawa ke RSUP Fatmawati," terang Ridwan.

Ia menyebutkan bahwa sedikitnya ada 13 petugas yang terlibat dalam proses evakuasi warga penderita obesitas dengan beberapa peralatan seperti thermogun, karpet, sarung tangan dan senter.

Baca Juga: Kisah Sapudin Derita Obesitas hingga Capai 200 Kilogram, Kini Tinggal di Rumah Semi Permanen



Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x