Kompas TV regional berita daerah

Nasi Megono Wonosobo, Nikmat dan Murah Meriah

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 15:41 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOSOBO, KOMPAS.TV - Warung makan sego megono Cik Murni terletak di Jalan KH Abdurrahman Wahid Km satu, Kalianget, Wonosobo. Warung ini menjadi salah satu hidden gem karena terletak di dalam Kampung Kalianget. Meski berada dalam kampung, namun warung ini viral dan tak pernah sepi. Bahkan, kerap menjadi tongkrongan kawula muda.

Warung Cik Murni ini terkenal bukan hanya karena rasa nasi megononya yang dikenal maknyuss, namun juga harganya yang murah. Bayangkan saja, hanya dengan membayar Rp 3.500 anda akan mendapatkan seporsi nasi megono pincuk daun pisang dan satu buah tempe goreng kemul. Sementara, satu gelas minuman teh hanya dihargai Rp1.000.

Warung sego megono ini dikelola oleh pasangan suami istri sejak 10 tahun lalu. Resep turun temurun sego megono ini sangat sederhana. Berbeda dengan nasi megono Pekalongan yang menggunakan nangka muda yang dicincang, nasi megono Cik Murni menggunakan kubis dan kol yang diiris kasar. Kubis yang sudah diiris itu dimasak bersama dengan kelapa, rawit, teri, kencur, ketumbar, garam dan gula.

Sasi megono yang hangat yang disajikan menggunakan daun pisang akan terasa nikmat jika disajikan bersama tempe kemul. Dera, salah satu pengemar nasi megono mengaku, rasa nasi megono Cik Murni berbeda dan terasa lebih nikmat, karena cara memasaknya masih secara tradisional yaitu menggunakan kayu bakar dan tungku.

Meski berada di tempat yang tersembunyi, namun warung nasi megono Cik Murni kerap dikunjungi wisatawan dari luar kota yang kebetulan sedang berada atau melintas di Wonosobo. Tentu ini bisa menjadi referensi kuliner jika anda berkunjung ke Wonosobo.

#nasimegono #wonosobo #cikmurni

  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x