Kompas TV regional berita daerah

KRI Teluk Palu 523 Perkuat Jajaran Kapal Perang TNI AL

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 16:01 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV ­– Pada Rabu (9/3/2022) pagi, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Palu 523 resmi diterima oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Kapal yang diterima ini merupakan produksi pembangunan dari PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung dan rencananya diperuntukkan sebagai kapal angkutan tank.

Setidaknya, KRI Teluk Palu 523 memiliki ukuran panjang dan lebar 120x18 meter dengan bobot 4.508 ton, serta kecepatan maksimum 16 knots.

Selain itu, kapal perang ini dibekali dengan kemampuan jelajah mencapai 7.200 nautical miles dan  dilengkapi persenjataan.

Baca Juga: KM Lawit dijadikan sebagai Kapal Isolasi Apung

KRI Teluk Palu 523 juga mampu mengangkut 10 tank leopard, 1 unit panser, 1 unit transporter, 2 unit helikopter, serta menampung sebanyak 360 prajurit, 115 Anak Buah Kapal (ABK) dan 6 kru helikopter.

Laksamana TNI Yudo Margono selaku Kepala Staf Angkatan Laut mengatakan nantinya KRI Teluk Palu 523 akan bergabung untuk memperkuat jajaran kapal perang TNI Angkatan Laut khususnya Komando Lintas Militer yang berada di Dermaga Caligi, Markas Komando Lanal Lampung.

“Kapal ini diharapkan mampu menambah kekuatan dan kemampuan angkatan laut,” jelasnya.

Baca Juga: Rayakan HUT ke-18, Brigif 4 Marinir Gelar Berbagai Aksi Sosial

Selain serah terima kapal, dalam agenda tersebut Kasal Laksamana TNI juga mengukuhkan Lekot Laut Siswandony sebagai Komandan Kri Teluk Palu 523 pertama. Ke depan, akan ada satu kapal lagi yang akan di terima oleh Satuan Angkatan Laut dari total lima kapal yang telah di pesan.

#kritelukpalu523 #tni #kapalperang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x