Kompas TV regional berita daerah

Pedagang Batagor Terimpit Kenaikan Harga Bahan Pokok

Kompas.tv - 8 Maret 2022, 13:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Toni, pedagang makanan batagor di Kota Semarang, mengeluhkan kenaikan harga sejumlah komoditas bahan pokok.

Sejumlah bahan pokok yang menjadi bahan pembuatan batagor dan harganya mulai naik yakni, gula, telur, kacang tanah, dan cabai. Harga kacang tanah misalnya, dari harga Rp 24.000 per kilogram naik menjadi Rp 28.000 per kilogram. Sementara itu, harga cabai naik dari Rp 35.000 per kilogram naik Rp 60.000 per kilogram. Untuk telur harganya naik dari Rp 19.000 ribu menjadi Rp 23.000  per kilogram. Toni mengaku, hanya bertahan di tengah mahalnya harga sejumlah kebutuhan pokok, karena untuk menaikkan harga makanan bukan pilihan yang tepat dan terpaksa mengurangi keuntungan.

"Kalo kita jualan itu bingung ya, mau diakalin kayak gaimana, masalahnya itu kan komposisi ya. Jadi kita tidak mengurangi komposisi, cuma bisa bertahan. Entah itu keuntungan cuma sedikit ga apa-apa yang penting kita bisa jualan aja," ujar Toni.

Meski sejumlah komoditas kebutuhan pokok harganya naik, namun pedagang masih bisa mengakalinya. Namun, jika komoditas kebutuhan pokok langka di pasaran seperti minyak goreng, maka pedagang makanan akan kesulitan untuk berjualan.

#kebutuhanpokok #batagor #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x