Kompas TV regional peristiwa

Usai Diperbaiki, Hari Ini Underpass Makamhaji Kartasura Kembali Dibuka dan Bisa Dilalui

Kompas.tv - 8 Maret 2022, 14:17 WIB
usai-diperbaiki-hari-ini-underpass-makamhaji-kartasura-kembali-dibuka-dan-bisa-dilalui
Underpass Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, sudah dibuka dan bisa kembali dilalui kendaraan usai diperbaiki, Selasa (8/3/2022). (Sumber: Dok. BTP Jawa Bagian Tengah)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SUKOHARJO, KOMPAS.TV — Underpass Makamhaji, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, sudah dibuka dan bisa kembali dilalui kendaraan usai diperbaiki, Selasa (8/3/2022).

Perbaikan underpass diketahui sudah dilakukan sejak 21 Februari hingga 7 Maret 2022. Jalanan di terowongan tersebut diperbaiki usai ada kerusakan dibagian aspal dan saluran air.

"Pasca penutupan di tanggal 21 Februari lalu, per 8 Maret 2022 underpas Makamhaji kembali dibuka untuk mengakomodir kebutuhan lalu lintas masyarakat," kata Kepala BTP Jawa Bagian Tengah Kementerian Perhubungan Putu Sumarjaya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/3/2022).

Meski sudah dibuka, pihaknya meminta kendaraan dengan berat 8.500 kg ke atas tidak lagi melintasi jalur tersebut.

Ia bahkan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Sukoharjo yang turut mendukung kebijakan tersebut.

"Terima kasih atas dukungan Pemkab Sukoharjo bahwa kendaraan dengan Jumlah Berat Bruto (JBB) 8.500 kg ke atas tidak lagi melintas di underpass Makamhaji," ujarnya.

Baca Juga: Relawan Sobat Anies Gelar Deklarasi di Sukoharjo

Ia berharap, usai perbaikan ini underpass Makamhaji dapat  berfungsi secara optimal dan awet dalam jangka waktu yang lama.

"Dengan pengaturan lalu lintas kendaraan sesuai kelas jalannya, kualitas dan keawetan underpass semakim terjaga sehingga manfaat pembangunan fasilitas publik ini dapat dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama," pungkasnya.

Sementara itu, menurut Bupati Sukoharjo Etik Suryani,  ebijakan baru soal kendaraan yang dilarang melintas dilakukan demi kenyamanan dan keawetan underpass.

“Kami mohon maaf, bukan berarti kami ingin membuat kendaraan berat memutar jauh, tapi demi kenyamanan dan keawetan underpass,” kata Etik Suryani seperti dikutip dari Tribunsolo.com, Selasa (8/3/2022).

Dia menambahkan, setelah perbaikan Underpass Makamhaji selesai, Pemkab Sukoharjo akan memonitor selama enam bulan ke depan.

Jika tidak ada apa-apa dan tidak ada masalah, maka apa yang dikehendaki Pemkab Sukoharjo, yakni aset underpass bisa diserahkan dan Pemkab siap menerima.

Kami monitor dulu selama pemeliharaan enam bulan. Mudah-mudahan masyarakat bisa nyaman lagi lewat underpass karena sudah diperbaiki. Besok pagi (pagi ini—Red) underpass sudah dibuka lagi untuk masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga: Polisi Geledah Rumah Terduga Teroris di Sukoharjo, Laptop dan Handphone Diamankan

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x