Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Umat Hindu di Kota Malang Lakukan Ritual Taur Kesanga Jelang Nyepi

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 18:02 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV- Aktivitas peribadatan jelang puncak perayaan Nyepi dilakukan umat Hindu Kota Malang di Pura Luhur Dwijawarsa Kedungkandang Kota Malang, Rabu (02/03/2022).

Rangkaian hari raya Nyepi ini diawali dengan Taur Kesanga. Dibanding tahun-tahun sebelumnya, ada perbedaan dalam perayaan Nyepi di masa pandemi.

Ketua panitia peringatan hari raya Nyepi I Wayan Mudra menjelaskan, dalam ritual Taur Kesanga ini sendiri umat Hindu yang datang juga dibatasi. Hanya  200 umat yang diperbolehkan mengikuti ritual persembahyangan Taur Kesanga di Pura Luhur Dwijawarsa. 

Sebelum pandemi Covid-19, Taur Kesanga biasa digelar di lapangan rampal dengan membakar ogoh-ogoh, dan diikuti ribuan umat Hindu dari Malang Raya. Namun kali ini digelar di Pura Luhur Dwijawarsa.

"Yang biasa kita lakukan di Lapangan Rampal ada pesta ogoh-ogoh. Hari ini upacara Taur Kesanga, setelah itu besok kita lakukan catur Brata penyepian" terang I Wayan Mudra pada Kompas TV.

Setelah Taur Kesanga, umat Hindu akan melakukan Catur Brata Penyepian di rumah masing-masing. Dalam Nyepi kali ini, umat Hindu juga mendoakan agar Indonesia segera terbebas dari pandemi Covid-19, sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal.

#taurkesanga #harirayanyepi

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x