Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Maedeng Godel, Ajang Pemilihan Anakan Sapi Bali Terbaik

Kompas.tv - 22 Februari 2022, 10:05 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

GIANYAR, KOMPAS TV - Peternak sapi di Banjar Susut, Desa Buahan, Payangan, Gianyar, Bali ini sejak pagi hari, satu persatu membawa ternak sapinya di pelataran jaba Pura Dalem desa adat setempat.

Ini merupakan bagian dari penilaian oleh tokoh adat setempat, dalam mencari anakan sapi terbaik yang akan digunakan saat perayaan mecaru, dalam rangkaian perayaan Nyepi mendatang dalam tradisi Maedeng Godel.

Maedeng Godel adalah kontes menunjukkan anakan sapi terbaik dimana panitia memilih dua ekor sapi bali terbaik dan layak, masing masing satu anakan jantan dan satu sapi anakan betina yang akan disembelih  sehari sebelum perayaan Nyepi.

Oleh peternak setempat, tradisi ini disambut baik, kerena selain bisa menjual sapi di acara lokal, juga menjadi ajang promosi dan motivasi peternak untuk memelihara sapi Bali yang baik.

Berada di wilayah hijau dengan cukup banyak pakan ternak, selain menjadi pekerjaan rutin warga, juga ajang bertemunya peternak untuk berbagi pengalaman.

Sedangkan Bendesa Adat Susut menuturkan, kegiatan ini menjadi tradisi yang rutin digelar sebagai kaul warga untuk mohonkan keselamatan seisi dunia bertepatan perayaan Nyepi nanti. Dua sapi terpilihpun akan di persembahkan di dua lokasi berbeda.

 

 

 

#tradisi #maedenggodel #payangan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x