Kompas TV regional berita daerah

Taman Wisata Alam Pulau Bakut Dibuka, Wakil Menteri LHK : Punya Nilai yang Strategis

Kompas.tv - 15 Februari 2022, 05:06 WIB

BARITO KUALA, KOMPAS.TV - Satwa bekantan menjadi daya tarik wisatawan jika berkunjung ke Taman Wisata Alam Pulau Bakut, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

kawasan konservasi yang menjadi taman wisata alam ini baru saja menggelar grand opening yang dihadiri Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ri Alue Dohong.

Baca Juga: Kawasan Wisata Hutan Pinus Banjarbaru Tidak Hanya untuk Rekreasi, Juga Bisa Prewedding dan Resepsi

sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan bagi daerah sekitar, Taman Wisata Alam Pulau Bakut ini diharapkan bisa menjadi lokasi pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, juga mendukung peningkatan ekonomi masyarakatnya.

“jadi kalau wisatawan mau kesini kemungkinan besar akan ketemu Bekantan, kemudian tadi juga burung ada 52 jenis dan ini ekosistem mangrove, posisi ini akan punya nilai yang strategis dan penting karena dia sangat dekat dengan Kota Banjarmasin, Batola dan sekitarnya," ucap Wakil Menteri KLHK, Alue Dohong.

Baca Juga: Silat Budaya Kalimantan Selatan, Melestarikan Tradisi dan Ajang Prestasi

Taman Wisata Alam Pulau Bakut yang dikelola Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan ini merupakan lokasi pilihan untuk mengembalikan bekantan hasil tangkapan dari masyarakat sekitar ke habitatnya.

Sehingga populasi berhidung panjang yang kini berjumlah lebih dari 100 ekor bisa terus bertambah setiap tahunnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x